oleh

Dinsos Konawe Minta Kades Proaktif Graduasi Penerima Bansos

KENDAROINEWS.COM — Peran kepala desa (Kades) sangat penting dalam melakukan graduasi (berakhirnya kepesertaan) data penerima bantuan sosial (Bansos), seperti program keluarga harapan (PKH) dan bantuan pangan non tunai (BPNT). Kades lebih tahu mana warganya yang layak menerima Bansos dari pemerintah. Termasuk, warga yang ekonominya meningkat dan mesti digraduasi dari daftar keluarga penerima manfaat (KPM). Sebab itu, Dinas Sosial (Dinsos) Konawe meminta Kades lebih proaktif dalam melakukan verifikasi terhadap warga yang diusulkan menerima Bansos dari pemerintah.

Hal itu menjadi penekanan Kepala Dinsos Konawe, Agus Suyono, saat pertemuan dengan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD), Keni Yuga Permana serta perwakilan Kades di daerah itu, akhir pekan lalu. Agus Suyono mengatakan, lewat pertemuan tersebut, pihaknya ingin lebih menyamakan persepsi terkait petunjuk teknis (Juknis) dan petunjuk pengelolaan Bansos di Konawe. “Kades mesti lebih terlibat, begitu juga pendamping di desa. Utamanya untuk program reguler dari Kementerian Sosial (Kemensos), yakni PKH dan BPNT,” ujarnya.

Terkait data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS), Agus Suyono juga menerangkan Kades dan pendamping perlu meningkatkan sinergi. Utamanya, dalam hal mengevaluasi tentang pelaksanaan Bansos itu sendiri. Baik itu KPM agar tepat sasaran, ataupun bahkan ada warga yang punya posisi sama, tapi belum mendapatkan Bansos. “Tentang pendataan itu, memang awalnya dari desa. Yang tahu warga itu kan pasti Kades. Hanya memang selama ini ada keterbatasan informasi, sehingga mereka belum terlalu maksimal. Lewat pertemuan ini kita semua bisa memahami dasar-dasar hukum tentang verifikasi dan validasi penerima Bansos,” imbuh Agus Suyono. (adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan