oleh

Covid-19 Masih Mengintai, Satu Kasus Ditemukan

KENDARINEWS.COM– Satu kasus baru pasien covid 19 ditemukan. Olehnya itu diimbau agar warga tetap menerapkan prokes sebagai antisipasi penularan penyakit yang menyerang pernafasan itu.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Kendari drg. Rahminingrum mengatakan satu kasus baru Covid-19 tercatat pada 27 Juli 2022. Belum diketahui pasti varian Covid-19 yang diidap pasien tersebut. Apakah omicron varian baru atau tidak. “Kami masih menunggu hasil lab,” ungkapnya, kemarin.

Saat ini, pasien masih menjalani perawatan intensif di rumah sakit (RS). Ia berharap pasien yang terinveksi bisa segera pulih sehingga tidak menulari anggota keluarga atau masyarakat lainnya

Dengan adanya kasus baru, Rahminingrum meminta seluruh masyatakat untuk senantiasa mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tanga dan menjaga jarak (Physical Distancing). Itu penting dalam rangka melindungi diri dari penularan Covid-19.

Sejauh ini, varian omicron telah bermutasi menjadi subvarian baru yakni Omicron BA 4 dan BA 5. Yang mana, subvarian ini memiliki daya penularan yang tinggi. Selain itu, masa inkubasi virus ini hanyalah selama 3 hari saja sampai timbulnya gejala. “Tetap patuhi prokes agar kita terhindar dari penularannya,” kata Rahminingrum.

Sekedar informasi, gejala atau ciri Covid-19 Omicron subvarian BA.4 dan BA.5 umumnya mirip dengan varian Covid-19 lainnya, seperti masyarakat mengalami demam, batuk, kelelahan, hidung tersumbat, mual atau muntah, dan sesak nafas. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan