Ketua IKA UNHAS Luncurkan Institut Bisnis Dan Profesi (IBP)

KENDARINEWS.COM — Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin (Unhas) Dr Ir Andi Amran Sulaiman, MP bangga dan senang saat meluncurkan Institute Bisnis dan Profesi (IBP) yang ia gagas untuk peningkatan kualitas dan kesejahteraan alumni.

Andi Amran Sulaiman (AAS) bahkan menawarkan diri untuk tampil menjadi pelatih karena melihat kerja cepat IKA Unhas periode 2022 – 2026 yang dia pimpin.

‘’Aku bangga hari ini. Begini yang mau maju,’’ ungkap AAS sambil menunjuk Muhammad Ramli Rahim (MRR), Kepala Sekolah IBP.
Sebagai kepala sekolah Institute Muhammad Ramli Rahim telah menghadirkan para pelatih di Gedung pertemuan alumni, Kampus Unhas Tamalanrea, Jl Perintis Kemerdekaan Km 10, Sabtu (28/5/2022).

Kegiatan Peluncuran dan Pelatihan Tanpa Pelatih ini dirangkaikan dengan pelantikan para personalia IBP oleh Ketum IKA Unhas.
Sekolah alumni secepatnya beroperasi karena sudah sekira 600 alumni yang mendaftar untuk dilatih.

Untuk itu MRR telah menyiapkan 100 coach sebagai pendamping dalam Institute Bisnis dan Profesi, yang hari ini –Sabtu, 28 Mei 2022 sudah melatih 36 orang.

‘’Akan dilanjutkan bagi 64 calon pelatih lainnya pada 11-12 Juni,’’ jelas MRR.

Program pelatihan, kata MRR sudah bisa mulai di minggu depan.

“Jadi, ada alumni yang sudah bekerja tapi ingin mendalami bidang lainnya, ikut mendaftarkan diri,” jelasnya

Misalkan, ekonomi, politik, hukum, budaya hingga teknik.

MRR menyampaikan bahwa terpenting ialah merubah mindset untuk terus berkembang.

Ia menjelaskan bahwa berbeda dengan Institute lainnya, IBP lebih fokus pada pendampingan peserta.

“Makanya kita pakai sebutan coach, karena mereka tidak hanya mengajar tapi juga mendampingi. Para coach akan mengajar dan mendampingi sampi peserta sukses,” jelas Muhammad Ramli Rahim

“Misalkan, dalam bidang politik, kita bikin pelatihan untuk menjadi pemimpin daerah. Terus pesertanya ada 50 orang. Maka, coach bertanggung jawab sampai mereka bisa menjadi Bupati, Walikota atau Gubernur,” lanjutnya.