oleh

Nelayan Kota Kendari Bakal Dapat Bantuan

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari bakal membagikan kapal penangkap ikan, mesin kapal serta jaring penangkap ikan kepada nelayan di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Kendari Imran Ismail mengatakan pengadaan kapal, mesin dan alat tangkap ini diharapkan bisa membantu masyarakat nelayan. Apalagi sebagian besar nelayan masih menggunakan alat tangkap tradisional. Dengan adanya bantuan ini, hasil tangkap nelayan meningkat.

“Mohon bantuannya dijaga dan digunakan dengan baik sehingga bisa menjadi jalan untuk peningkatan kesejahteraan nelayan. Karena tidak setiap tahun, bantuan seperti ini diadakan,” ujar Imran Ismail saat dikonfirmasi, Kamis (7/4).

Kapal yang disalurkan lanjutnya, sebanyak 30 unit. Sementara mesin kapal sebanyak 71 unit. Untuk alat tangkap ikan berupa jaring Gillnet dan bubu rajungan sekitar 701 set. Sebab jaring nelayan hanya bisa mencapai kedalaman 5 sampai 7 meter. Dengan Pemberian bantuan alat tangkap ikan modern ini, hasil tangkap nelayan bisa meningkat sehingga volume pasokan ikan meningkat.

Bantuan ini diperuntukkan kepada kelompok nelayan di enam kecamatan. Enam kecamatan itu yaitu Abeli, Kendari, Kendari Barat, Nambo, Mandonga dan Poasia. Untuk program bantuan tahun ini, DKP Kota Kendari juga akan memfokuskan bantuan untuk pemberdayaan nelayan, perikanan budidaya dan pengelolaan hasil perikanan.
“Program bantuan ini menelan anggaran Rp 10 miliar. Program ini sudah mencakup pemberdayaan nelayan, kegiatan budidaya ikan dan pengelolaan hasil ikan,” tuturnya. (m1/KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed