oleh

DLH Konawe Imbau Warga Buang Sampah Malam Hari

-Konawe-103 Dilihat

KENDARINEWS.COM — Kedisiplinan warga dalam membuang limbah tepat waktu, sangat rendah. Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Konawe meminta semua pihak sungguh-sungguh dalam menangani persoalan sampah di wilayah tersebut. Kepala DLH Konawe, Herianto Wahab, mengatakan, sudah banyak cara dilakukan pihaknya untuk mengatasi masalah sampah. Mulai dari penyediaan delapan truk pengangkut, serta armada tiga roda yang setiap hari beroperasi. Katanya, warga Konawe sebagian besar belum disiplin dalam menerapkan aturan pembuangan sampah rumah tangga.

“Padahal sudah ada pemberitahuan sampai ke tingkat kelurahan, ataupun juga lewat surat edaran. Mestinya warga membuang sampah pada malam hari, jangan pada pagi hingga sore hari. Kita minta kesadaran masyarakat agar lebih disiplin. Kalau ada sampah siang, tahan dulu nanti malam baru dibuang,” pinta Herianto Wahab, Rabu (6/4).

Mantan Kasatpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Konawe itu menuturkan, sampah yang dibuang oleh warga pada malam hari, selanjutnya diangkut kembali sejak pukul 04.00 dinihari oleh para petugas kebersihan. Sampah yang berada di tempah pembuangan sampah (TPS) itu, diangkut untuk kemudian dibawa ke TPAS Mataiwoi, Tongauna. “Pada waktu subuh tersebut, kita siapkan delapan armada pengangkut sampah,” bebernya.

Herianto Wahab menyebut, kebiasaan warga Konawe yang belum disiplin membuang sampah sangat berbanding terbalik dengan warga di kota-kota besar. Katanya, di kota-kota besar suasana lingkungannya terlihat bersih pada pagi dan siang hari. Itu disebabkan warganya sangat disiplin membuang sampah pada malam hari. “Kalau kita di sini bukan cuma itu, bahkan masih banyak masyarakat yang membuang sampah bukan pada tempatnya. Akhirnya, sampah menumpuk di satu tempat, padahal sudah ada disiapkan TPS pada beberapa titik,” sorotnya. (c/adi)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed