Lindungi Pekerja, Pemkab Wakatobi Bangun Kemitraan dengan BPJS Ketenagakerjaan

KENDARINEWS.COM–Pemerintah Daerah Kabupaten Wakatobi bersama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Sultra menandatangani Perjanjian Kerjasama, Senin (21/03/22).

Penandatanganan kerjasama dimaksud yakni terkait optimalisasi penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Wakatobi. Dimana kegiatan pendatanganan ini merupakan hasil tindak lanjut pertemuan antara Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sultra dengan Bupati Wakatobi pada awal bulan Maret 2022 lalu.

Bupati Wakatobi, Haliana (kiri) didampingi Forkopimda menyerahkan cinderamata kepada Kepala BPJS  Ketenagakerjaan Sultra, Minarni Lukman (kanan) usai menyepakati kerjasam perlindungan sosial ketenagakerjaan, Senin (22/03/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Taman Budaya Pesanggrahan Wakatobi tersebut dihadiri langsung oleh Bupati, Wakil Bupati, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sultra, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bau Bau, Forkopimda, Seluruh Kepala Dinas, dan Camat se Kabupaten Wakatobi.

Bupati Wakatobi, Haliana mengungkapkan kerjasama yang terbangun dengan BPJS Kerenagakerjaan merupakan wujud komitmen Pemerintah Daerah dalam rangka mengimplementasikan universal coverage jaminan sosial ketenagakerjaan di Kabupaten Wakatobi.

Selain itu, kerjasama juga dibangun untuk memastikan seluruh pekerja yang ada di Kabupaten Wakatobi dapat terlindungi dan terhindar dari risiko kerja yang ada.

“Dalam perjanjian kerjasama ini, data yang siap daftar sebanyak 25 ribu pekerja rentan dan 3 ribu Non ASN, data ini  akan bertambah yang akan dilindungi Pemerintah Kabupaten Wakatobi. Selanjutnya ASN pun akan dapat diberikan perlindungan program BPJAMSOSTEK dengan memakai wadah KORPRI,”  ungkap Haliana.

Sebagai informasi tambahan, seluruh pekerja yang disebutkan tersebut akan di daftarkan ke dalam dua program manfaat, yaitu Manfaat Jaminan Kematian (JK) dan Manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Sultra, Minarni Lukman menyambut baik kerja sama yang terjalin antara pihaknya dengan Pemkab Wakatobi. 

Minarni berharap, kedepan Kabupaten/Kota lain yang ada di Sultra dapat mengikuti langkah Pemkab Wakatobi dalam melindungi seluruh pekerja rentan dan pegawai Non ASNnya ke dalam perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. “Ini sangat positif,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan