Pemkab Wakatobi Optimis WTP

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi tetap optimis akan kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) pada tahun ini. Bila laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) tahun anggaran 2021 bisa mengantarkan Wakatobi kembali raih opini WTP, maka daerah itu akan tercatat berhasil memertahankan capaian selama delapan kali berturut-turut.

Setelah persiapan laporan, Pemkab Wakatobi menghadapi pemeriksaan pengelolaan keuangan daerah oleh Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK). Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Wakatobi, Nurbahtiar, mengatakan pihaknya optimis bisa meraih opini WTP yang kedelapan kalinya.

Nurbahtiar

Namun, semuanya tergantung dari hasil laporan keuangan tahun anggaran 2021. “Sepanjang wajar yang disajikan dan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah, pasti bisa kita pertahankan. Tapi yang menilai BPK. Kami masih optimis pertahankan opini WTP ini,” ujar Nurbahtiar, Minggu (20/2).

Pada pertengahan tahun 2021 lalu diakui Nurbahtiar terjadi masa transisi kepemimpinan. Namun baginya hal tersebut tidak terlalu mempengaruhi, sebab untuk proses pengelolaan keuangan sudah ada ketentuan dan aturan yang berlaku. “Memang betul kita juga hadapi masa transisi tahun lalu, tapi semoga tidak memengaruhi untuk proses pengelolaan keuangannya,” tambah Nurbahtiar.

Saat ini kata dia semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Wakatobi tengah melakukan persiapan. Laporan tersebut paling lambat akan diserahkan pada tanggal 31 Maret mendatang. “Kalau sudah diserahkan, hasilnya akan keluar pada Mei nanti,” tandasnya. Untuk diketahui, Pemkab Wakatobi telah meraih opini WTP berturutturut, sejak tahun 2015 hingga 2021 lalu. (b/thy)

Tinggalkan Balasan