Antisipasi Penyebaran Omicron, Pemkab Batalkan Perayaan HUT Konawe

KENDARINEWS.COM — Perayaan hari jadi Konawe ke-62 tahun pada 3 Maret mendatang, dipastikan batal dihelat. Keputusan itu diambil pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe menyusul merebaknya Covid-19 varian Omicron diwilayah setempat. Pembatalan ini merupakan kali kedua setelah ditahun sebelumnya juga pemkab meniadakan perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan

Informasi itu disampaikan Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan, Senin (14/2). Ia mengatakan, pembatalan pameran pembangunan HUT Konawe telah didiskusikan dengan Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Pertimbangan utama ditiadakannya pameran tersebut yakni didasari tren peningkatan penularan Covid-19 di wilayah setempat. Kasus warga diduga terpapar Omicron di Konawe saat ini mencapai 11 orang.

“Konsepnya kita ganti dengan kegiatan bakti sosial. Jadi kita nanti rencana akan memperbaiki beberapa rumah yang ada di wilayah Soropia untuk kita rapikan. Itu rencananya mulai besok, kita akan dandani rumah-rumah warga yang perlu diperbaiki,” ujar Ferdinand Sapan, Senin (14/2) ditemui di pemkab Konawe.

Ferdinand Sapan menuturkan, pemkab sudah mengestimasi jumlah rumah yang bakal dibedah di wilayah Soropia. Dari hasil kalkulasi sementara, ada sekira 46 rumah di wilayah pesisir Konawe tersebut bakal diperbaiki. Angka itu disesuaikan jumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemkab setempat. Masing-masing OPD menangani satu unit rumah milik warga yang butuh perbaikan.

“Selain kekhawatiran penyebaran Omicron, faktor cuaca juga membuat kami akhirnya memutuskan meniadakan pameran pembangunan HUT Konawe pada tahun ini. Wilayah Konawe saat ini terus diguyur hujan dengan intensitas lebat setiap harinya,” tandas Ferdinand Sapan. (adi).

Tinggalkan Balasan