Program Kesehatan Gratis, Dinkes Buteng Alokaiskan APBD Rp 11,4 Miliar

KENDARINEWS.COM — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) melalui Dinas Kesehatan Buteng kembali mengalokasikan anggaran untuk program kesehatan gratis buat masyarakat kurang mampu. Dana sebesar Rp 11,4 miliar buat program yang dikenal dengan nama Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) itu bersumber dari APBD.

Kepala Dinas Kesehatan Buteng, Kasman mengatakan, tahun ini Pemkab menganggarkan Rp 11,4 miliar khusus untuk biaya pengobatan gratis 25 ribu warga Buteng. Angka tersebut hampir sama dengan anggaran tahun lalu yang tercatat sebesar Rp 11,3 miliar untuk 25 ribu jiwa.

(DINKES BUTENG FOR KENDARI NEWS)

“Pemerintah bertekad agar setiap tahun ada penambahan namun kembali lagi harus disesuaikan dengan keuangan daerah,” ujar Kasman, kemarin.

Dijelaskan, dalam pelaksanaannya, Pemkab menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Sebanyak 25 ribu peserta Jamkesda merupakan masyarakat kurang mampu yang belum terdaftar dalam fasilitas kesehatan lainnya, seperti Kartu Indonesia sehat (KIS) atau Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas).

Jamkesda menggunakan skema pembayaran secara tidak langsung bagi masyarakat miskin. Masyarakat penerima manfaat diberi kartu Jamkesda untuk mengakses fasilitas kesehatan saat melakukan pengobatan sedangkan dana Jamkesda langsung dikirim ke rekening BPJS.

“Program ini merupakan komitmen Pak Bupati di bidang kesehatan. Jamkesda sudah berjalan sejak tahun 2017 di mana peserta yang dijangkau saat itu hanya 1.300 jiwa dengan anggaran sekitar Rp 384 juta,” pungkasnya. (uli/b)

Tinggalkan Balasan