Panja Skandal Impor Emas Perlu Dibentuk

KENDARINEWS.COM — Anggota Komisi III DPR RI Santoso mendorong pembentukan panitia kerja (panja) skandal penyelundupan impor emas batangan yang diduga dilakukan PT Aneka Tambang (Antam). Santoso meminta Kejaksaan Agung cepat dan serius dalam mengungkap skandal ini karena diperkirakan merugikan negara sebesar Rp2,9 triliun. “Saya selaku anggota Komisi III DPR RI meminta kepada Kejagung untuk transparan dan cepat dalam menangani kasus ini,” katanya.

Dugaan skandal impor emas dari Singapura itu melibatkan banyak pihak dengan nilai sebesar Rp47,1 triliun. Anggota Fraksi Demokrat ini menilai keterbukaan Kejagung mengusut kasus ini sangat ditunggu masyarakat Apalagi saat ini masyarakat tengah resah melawan pandemi Covid-19. “Saat ini kita sedang menghadapi kesulitan akibat Pandemi Covid-19 yang belum berkesudahan. Energi kita banyak untuk menghadapi itu, makanya harus bekerja cepat, efesien, dan sesuai aturan yang ada,” jelasnya.

Santoso menyampaikan, laporan Anggota Komisi III DPR RI Artheria Dahlan terhadap persoalan ini harus segera ditanggapi oleh Kejaksaan Agung dengan memanggil pihak-pihak terkait dan dilakukan secara transparan agar Komisi III bisa memantau secara serius perkembangannya. “Nah, kami di DPR akan mempercepat proses pembentukan panja, sebagaimana sebelumnya disampaikan saudara Herman Herry dari PDIP,” kata Santoso. (fin)

Tinggalkan Balasan