Dongkrak Perekonomian, Pemda Kolut Bentuk Perusahaan Pengelola Kakao

Kolaka Utara

KENDARINEWS.COM — Pengembangan komoditas kakao menjadi fokus kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Utara (Kolut) untuk mendongkrak sektor perekonomian. Setelah revitalisasi berjalan, kini mulai dilakukan pengembangan bisnis dengan pendirian sebuah Perseroan Terbatas (PT). Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kolut, Ismail Mustafa, mengungkapkan perusahaan yang telah terbentuk diberi nama PT Kakao Kolut Madani. Dewan direksi perusahan tersebut akan diseleksi Asesor yang diutus Pemerintah Pusat.

Perusahaan itu nantinya ditopang tiga koperasi yang namanya berdasarkan zona pengembangan kakao, Koperasi Tani Madani Selatan, Tengah dan Utara. Wilayah kerja tiap koperasi masing-masing mencakup lima kecamatan. “Ketiga koperasi inilah yang menyiapkan dana pembelian ke sejumlah petani,” ujar Ismail Mustafa, Selasa (4/5). Koperasi tersebut masing-masing mempunyai kepemilikan saham di PT Kakao Kolut Madani sebesar 25 persen. 25 persen lainnya merupakan saham Pemkab melalui Perusahaan Daerah (PD) Suawindu.

Secara struktural, dari ketiga keporasi tersebut masing-masing memiliki satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) bersama di setiap kecamatan. Wadah ini yang akan membangun jaringan ke lembaga pada tingkat desa seperti BUMDes, Koperasi Unit Desa (KUD), Lembaga Ekonomi Masyarakat (LEM) hingga Kelompok Usaha Bersama (Kube). “Jadi yang akan bersentuhan langsung dengan petani berupa pembelian komoditas kakao itu lembaga di desa tersebut. Dari sana di pasok ke kecamatan, tingkat wilayah hingga sampai di pabrik,” paparnya. Kata Ismail Mustafa, pihaknya juga telah dikunjungi sembilan orang tim dari pusat membahas tentang penyusunan perencanaan bisnis perusahaan. Setelah manejemen korporasi itu tersusun, PT Kakao Kolut Madani diharapkan sudah bisa bergerak secara profesional. (c/rus)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *