Andi Nirwana Ingin Perempuan di Bombana Mandiri, Cerdas dan Kreatif

KENDARINEWS.COM — Untuk mengenang jasa dan perjuangannya, hari lahir Raden Ajeng (RA) Kartini diperingati setiap tahunnya tak terkecuali di Bombana. Di otorita H Tafdil, peringatan semangat pantang menyerah perempuan asal Kota Jepara ini dirayakan di aula Tanduale kantor Sekretariat Daerah (Setda) Bombana, Rabu (21/4).

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Bombana, Andi Nirwana Tafdil mengajak perempuan yang ada di Bombana meneladani semangat RA Kartini. Perjuangnya membangkitkan kesenjangan gender kini telah menuai hasil. Ia pun berharap perempuan di Bombana bangkit agar bisa lebih mandiri, cerdas dan kreatif. “Dalam situasi apapun para perempuan di Bombana jangan berhenti berjuang. Berjuang untuk diri sendiri dan keluarga. Bagaimana pun perempuan harus terus berkarya dibidangnya masing-masing,” katanya pada perayaan Hari Kartini tahun 2021, di Aula Tanduale.

Emansipasi kata dia harus terus digelorakan. Hanya saja, gerakan emansipasi ini tidak sampai membuat kaum perempuan melupakan kodrat dan kewajibanya sebagai seorang istri dan ibu dari anak-anaknya. “Semangat Kartini harus selalu dikenang. Namun jangan sampai meninggalkan tugas mulia kita sebagai ibu rumah tangga. Namun kita harus mengisi diri supaya menjadi ibu-ibu yang tangguh dan mandiri,” katanya.

Perempuan, harus ambil bagian di panggung politik. Hal ini untuk mengubah pandangan tentang kewenangan dan peran perempuan. Menurutnya, pengetahuan perempuan generasi yang akan datang harus lebih diasah lagi, agar mampu menciptakan karya-karya yang baru untuk kemajuan Indonesia khususnya untuk kemajuan Bombana. “Tema Hari Kartini tahun ini mengajarkan perempuan untuk tidak berhenti berjuang, baik itu untuk keluarga, diri sendiri, dan juga bangsa,” pungkasnya. (c/idh)

Tinggalkan Balasan