Tingkatkan Perekonomian, Abu Hasan Janji Manfaatkan SDA

Buton Utara

KENDARNEWS.COM — Duet Abu Hasan-Suhuzu berjanji akan memanfaatkan sumber daya alam (SDA) Buton Utara (Butur) untuk meningkatkan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat. Hal itu akan direalisasikan bila sang petahana kembali dipercaya memimpin Butur.

Calon Bupati Butur petahana Butur Abu Hasan mengatakan, pengembangan dan penjagaan hutan mangrove akan menjadi perhatian serius. Apalagi, Butur memiliki hutan mangrove terluas di Sultra dengan luas sekira 16 ribu hektar.

Pada prinsipnya, hutan mangrove wajib dirawat dengan baik. Tidak diperkenankan masyarakat menebang untuk dijadikan kayu bakar ataupun lainnya. “Selain sebagai salah satu sumber pendapatan nelayan, juga bisa dijadikan tempat wisata. Keindahan, kesejukan serta panorama hutan mangrove dan biota laut akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan agar datang berkunjung,” kata Abu Hasan, Kamis (26/11).

Selain itu, kata dia, Butur juga memiliki kekayaan alam seperti tambang aspal, minyak bumi dan panas bumi. Ini merujuk temuan para ahli geologi yang datang melakukan survei. Kedepan potensi kekayaan alam tersebut akan lebih didalami. Jika bisa dilakukan eksploitasi, maka sangat bermanfaat menggenjot perekonomian masyarakat maupun daerah.

“Saya juga akan menciptakan iklim investasi sehat yang tidak berbelit-belit. Yang dapat memudahkan investor menanamkan sahamnya. Tentu dengan pengawasan dan evaluasi yang ketat. Tujuannya untuk memastikan prosesnya berjalan sesuai ketentuan regulasi,” terang mantan Karo Humas Pemprov Sultra. (ali/b).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *