LPPMP UHO Lengkapi Dokumen Akreditasi Internasional

KENDARINEWS.COM–Guna melengkapi syarat atau dokumen akreditasi internasional, baru-baru ini Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Universitas Halu Oleo (LPPMP UHO) menggelar acara penyusunan kelengkapan dokumen akreditasi internasional untuk 9 Program Studi (Prodi) yang ada di lingkup kampus hijau tersebut.

Ketua LPPMP UHO, Dr. La Ode Santiaji mengajak semua pihak untuk menyatukan tekad, semangat, dan upaya dalam mewujudkan cita-cita bersama- sama memperoleh status akreditasi internasional untuk Prodi yang diusulkan. Status akreditasi internasional bagi Prodi bukan sekadar sebuah penghargaan atau sertifikasi semata, namun juga sebuah cerminan atas kualitas pendidikan yang ditawarkan. “Melalui akreditasi ini, kita menegaskan kepada dunia bahwa Prodi yang kita miliki telah mencapai standar mutu yang diakui secara internasional, menjadikannya sebagai pusat keunggulan pendidikan yang patut diperhitungkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa prestasi ini bukanlah semata-mata hanya untuk Prodi yang bersangkutan, namun juga untuk UHO secara keseluruhan. Perjalanan menuju akreditasi internasional tidaklah mudah. Karena membutuhkan kerja keras, dedikasi, dan komitmen dari setiap individu yang terlibat. Oleh karena itu, ia menekankan pentingnya fokus semua pihak untuk menelaah kembali dokumen yang telah disiapkan. Dokumen yang belum lengkap diharapkan segera disempurnakan mengingat waktu pelaksanaan visitasi dari pihak Lembaga Akreditasi ASIIN dan FIBAA semakin dekat. “Dengan adanya acara ini, diharapkan kelengkapan dokumen akreditasi internasional dari setiap Prodi di UHO dapat dipenuhi dengan baik, sehingga proses akreditasi dapat berjalan lancar dan hasilnya dapat memberikan dampak positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di UHO,” jelasnya.

Para peserta diberikan kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan yang berharga dari seorang narasumber utama, Prof. Dr. Yusring, seorang dosen terkemuka dari Universitas Hasanuddin, Makassar. “Dalam sesi ini, Prof. Dr. Yusring membagikan wawasannya tentang strategi persiapan akreditasi ASIIN dan FIBAA berdasarkan praktik terbaik yang telah terbukti berhasil di lingkungan Universitas Hasanuddin. Melalui paparan yang mendalam dan berbasis pengalaman, para peserta diberikan wawasan yang komprehensif tentang langkah-langkah yang perlu diambil untuk mencapai standar akreditasi internasional yang diakui,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bahwa materi yang disampaikan dalam acara ini bertujuan untuk mempersiapkan setiap Prodi di UHO secara menyeluruh dalam menghadapi proses akreditasi internasional. “Diharapkan, dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh, Prodi di UHO akan mampu memenuhi standar akreditasi internasional dengan sukses dan memberikan kontribusi positif bagi peningkatan kualitas pendidikan di universitas ini,” tutupnya.( win/kn).

Tinggalkan Balasan