Partai Bulan Bintang Buka Pendaftaran Bacagub Sultra 2024

KENDARINEWS.COM – Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Bulan Bintang (PBB) Sulawesi Tenggara (Sultra), membuka pendaftaran bagi bakal calon gubernur maupun wakil gubernur Sultra 2024. Pendaftaran digelar selama 14 hari mulai 16-30 Mei 2024.

Sekretaris DPW PBB Sultra Abdul Halik mengatakan, pembukaan pendaftaran penjaringan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, dimulai 16-30 Mei 2024. Setiap figur yang mendaftar akan diberikan formulir untuk diisi. Setelah formulir tersebut diisi, selanjutnya dikembalikan paling lambat sebelum penutupan pendaftaran 30 Mei.

“Tempat pendaftaran bacagub maupun bacawagub Sultra bertempat di kantor DPW PBB Sultra di Kelurahan Bende, Kecamatan Kadia,” kata Abdul Halil kepada Kendari Pos, Senin (20/5/2024).

Abdul Halik menerangkan, bagi figur dari berbagai kalangan dipersilahkan untuk mendaftar. Pihaknya menerima siapa saja yang ingin mendaftar baik dari tokoh masyarakat, lintas parpol, tokoh adat, millenial, maupun kalangan lainnya yang punya semangat dan keteguhan membangun Sultra dan Indonesia tanpa memandang suku, ras, maupun agama.

“Poin besarnya adalah melahirkan figur di pilgub nanti yang bisa membawa Sultra yang lebih maju dari berbagai aspek terutama di sektor ekonomi,” ujarnya.

Salah satu syarat pendaftaran, kata dia, bagi figur yang mengambil formulir sebagai bakal calon gubernur maupun wakil gubernur, agar menyetor uang pendaftaran Rp20 juta. Namun pada saat pengembalian, bagi bakal calon gubernur menyetor uang administrasi sejumlah Rp80 juta. Sementara bagi figur yang mengembalikan formulir sebagai bakal calon wakil gubernur menyetor uang administrasi Rp30 juta.

“Jadi, bagi pendaftar bacagub Sultra total uang administrasi yang harus disetor Rp100 juta. Untuk bacawagub Sultra totalnya Rp50 juta,” ujar Abdul Halik.

Anggota DPRD Sultra terpilih dari PBB itu menjelaskan, biaya pendaftaran tersebut akan digunakan untuk keperluan survei dan administrasi lainnya. Usai penutupan pendaftaran 30 Mei 2024, selanjutnya akan digelar survei menguji elektabilitas semua figur yang telah mendaftar.

“Hasil survei di plenokan kemudian diajukan ke DPP PBB. Nantinya DPP yang akan menentukan siapa figur yang akan diusung di Pemilihan Gubernur 27 November Sultra 2024, baik sebagai Calon Gubernur maupun wakil Gubernur”pungkas Abdul Halik.

Diketahui, hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 14 Februari 2024 lalu, PBB Sultra mengukir 4 kursi. Syarat mendaftar wajib mengantongi minimal 9 kursi. Sehingga butuh 5 kursi bagi PBB untuk memenuhi syarat mendaftarkan figur bacagub Sultra dan wakil di KPU Sultra. (ali).

Tinggalkan Balasan