Persiapan Capai 98 Persen, KPU Sultra Siap Gelar Pemilu 

KENDARINEWS.COM–Pendistribusian logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) hampir tuntas.

Ketua KPU Sultra, Asril mengungkapkan, secara umum pihaknya sudah siap melaksanakan pemilu atau proses pemungutan suara pada 14 Februari mendatang. Saat ini, progres logistik pemilu sudah mencapai 98 persen.

“Saat ini teman-teman didaerah dibantu oleh Bawaslu dan TNI/Polri tengah mendistribusikan logistik pemilu dalam hal ini kotak suara dan surat (kertas) suara serta perlengkapan kepemiluan lainnya. Kami harap H-2 sudah tiba didaerah masing-masing dan H-1 didistribusikan ke masing-masing TPS (Tempat Pemungutan Suara),” ungkap Asril.

Mantan Ketua KPU Kota Kendari ini menambahkan, pihaknya terus mematangkan persiapan menjelang hari pemungutan suara. Selain memastikan distribusi logistik berjalan aman, pihaknya terus melakukan edukasi kepada Kelompok Penyelengga Pemungutan Suara (KPPS) agar bisa menjalankan tugasnya dengan baik.

“KPU Kabupaten/Kota terus mengedukasi para KPPS agar bekerja maksimal dan profesional pada Pemilu 14 Februari 2024. Misalnya KPPS diberikan Bimtek (Bimbingan Teknis) terkait bagaimana tata cara pengelolaan logistik (kotak dan surat suara) di TPS dan rekapitulasi hasil penghitungan suara,” kata Asril.

Asril juga meminta semua pihak untuk senantiasa mendukung penyelenggaraan pemilu agar bisa berjalan dengan baik dan lancar. Terkhusus aparat TNI/Polri, ia meminta agar melaksanakan pengawalan terhadap distribusi logistik mengingat surat suara pemilu merupakan salah satu bagian penting dan penentu dalam kepemiluan.

“Berhubung pergeseran petugas keamanan pemilu dari TNI Polri dilakukan pada H-2 kami harap keamanan didaerah memaksimalkan penjagaannya. Peran Bhabinkamtibmas dan Babinsa sangat membantu kami dalam menjaga logistik sebelum didistribusikan ke TPS. Kami harap juga peran serta masyarakat untuk membantu menjaga kelancaran pemilu,” harapnya. (kn)

Tinggalkan Balasan