SMKN 7 Kendari Komitmen Cetak Lulusan Terampil dan Siap Kerja

KENDARINEWS.COM — Jangan ragu menempuh pendidikan di sekolah kejuruan. Di kejuruan, pelajar tak hanya dibekali pendidikan formal layaknya sekolah umum, mereka juga bisa mengenali dunia kerja lebih awal. Sebab tujuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah mencetak lulusan yang terampil, kompeten, dan berdaya saing agar siap memasuki dunia kerja.

Di Kendari, SMK bertebaran. Salah satunya SMKN 7 Kendari. Sekolah kejuruan yang didirikan Mei 2021 terus menunjukkan perkembangan yang positif. Tiap tahun, jumlah peminat semakin bertambah. Apalagi SMKN 7 Kendari merupakan satu-satunya sekolah pelayaran negeri di kota lulo. Tak heran, bergabung dengan SMKN 7 Kendari menjadi sebuah kebanggaan.

Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin dan Manajemen, menyambut Kepala SMKN 7 Kendari La Resi.

Kepala Sekolah SMKN 7 Kendari La Resi menjelaskan sekolah yang dipimpinnya tidak hanya memberikan pendidikan tetapi juga fokus pada persiapan karier bagi siswanya. Sekolah ini adalah satuan pendidikan formal yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan pada jenjang pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja di bidang tertentu.

“Keberadaan SMK pelayaran sangat penting sebagai barometer di Sulawesi Tenggara, terutama karena Kendari adalah ibukota provinsi. Meskipun perencanaannya sudah lama, namun baru pada 2021 ide tersebut bisa diwujudkan. Sejauh ini, kami terus berusaha memberikan pendidikan berkualitas sesuai dengan kebutuhan industri pelayaran,” ujar La Resi ketika menjadi Nara sumber di Podcast Kendari Pos Channel, Rabu (31/1).

Dalam podcast yang dipandu Pemimpin Redaksi Kendari Pos Inong Saputra, komandan SMKN 7 Kendari ini menjabarkan rencana besar dalam mendongkrak standarisasi sekolah. Untuk pengembangan sekolah, penyediaan sarana dan prasarana memadai menjadi fokus utama.

Kepala SMKN 7 Kendari La Resi, Guru SMKN 7 Kendari Tinus Baha.

Saat ini, ia telah mengajukan pengadaan simulator. Hal ini bagian dari langkah strategis untuk memastikan lulusan memiliki keterampilan yang sesuai dengan teknologi terkini. Saat ini, SMKN 7 Kendari memiliki beberapa jurusan. Mulai jurusan nautika kapal niaga, perikanan, komputer dan pertambangan. Namun jurusan yang paling banyak diminati adalah nautika kapal niaga. Sekolah ini bakal semakin banyak peminatnya. Rencananya, pihaknya akan menambah dua jurusan baru.

“Kendati baru memasuki tahun ketiga, jumlah taruna dan taruni di sekolah ini meningkat drastis. Angkatan pertama sekira 21 siswa, angkatan kedua 80 siswa dan angkatan ketiga hampir 100 siswa. Tahun ini, ia menargetkan menerima 200 siswa. Makanya, kami aktif mensosialisasikan keunggulan sekolah ini. Bukan hanya di Kendari, namun juga di seluruh daerah di Bumi Anoa,” ujar La Resi.

Pemimpin Redaksi Kendari Pos Inong Saputra berjabat tangan dengan Kepala SMKN 7 Kendari La Resi.

Di sisi lain, SMKN 7 Kendari melakukan kerjasama dengan berbagai perusahaan. Salah satunya PT. SLA Samudra di Jakarta. Dalam waktu dekat, perusahaan itu aka mewawancarai taruna kelas tiga. Ini menjadi sebuah kesempatan bagi mereka untuk bekerja di perusahaan tersebut.

Untuk lebih lengkapnya, bincang- bincang bersama Kepala SMKN 7 Kendari La Resi yang dipandu Pemred Kendari Pos Inong Saputra ada baiknya, nonton langsung di kanal You Tube KP Channel. Bisa membaca di harian cetak Kendari Pos edisi hari ini dan jejaring media online Kendari Pos. (rah/abd)

Tinggalkan Balasan