Dua Dekade, Bombana Makin Maju

KENDARINEWS.COM – Senin, 18 Desember 2023 (hari ini, red) usia Kabupaten Bombana 20 tahun sudah. Rangkaian HUT ke 20 itu berlangsung semarak sejak 13 Desember. Bombana terus tumbuh dan berkembang. Semarak dirgahayu Bombana sebagai salah satu wujud rasa syukur atas keberhasilan pembangunan daerah yang saat ini dipimpin Edy Suharmanto dengan status Penjabat (Pj) Bupati.

Perjalanan panjang Bombana tak lepas dari pemimpin-pemimpin terdahulu. Sejak Bombana berdiri, pemimpin daerah ini silih berganti. Mulai Pj Bupati hingga Bupati definitif. Pembangunan infrastruktur; fisik maupun non fisik telah membersamai dan dinikmati masyarakat. Misalnya, hadirnya Rumah Sakit Tanduale, Mal Pelayanan Publik (MPP) pertama di Sultra hingga listrik 24 jam di Kabaena.

Saat usia 20 tahun, kemajuan Bombana berada dipundak Edy Suharmanto yang mendapat amanah dari Presiden Jokowi dan Kemendagri untuk memimpin Bombana sejak 27 November 2023 lalu. Seperti para pemimpin pendahulunya, pria kelahiran Bima ini juga ingin memberikan yang terbaik dan legacy untuk Bombana, melalui kerja cepat dan kerja cerdasnya. Terlebih, sejak Edy menjejaki daerah yang dijuluki negeri dewi padi ini, ia telah menganggap dirinya sebagai bagian dari keluarga besar Bombana.

Ribuan masyarakat memadati Pelabuhan Poleang sebagai tempat start jalan sehat dalam rangka memeriahkan HUT Bombana.

Kendati kurang lebih sebulan ia menjabat sebagai Pj, Edy telah menjalankan tugas dan fungsinya sebagai pemimpin daerah. Semangat membangun daerah yang dibalut dengan kebersamaan dirajut Direktur Manajemen Penanggulangan Bencana dan Kebakaran Kementrian Dalam Negeri ini.

Menurutnya, memajukan daerah akan lebih cepat bila dilakukan secara gotong royong. Tak heran, ia terus mendorong seluruh jajaranya untuk terus bergerak cepat dan meningkatkan kinerja dan kompak untuk saling bahu membahu dalam membangun Bombana.

“Dengan dukungan semua pihak, saya yakin dapat menyelesaikan berbagai persoalan di Bombana serta memastikan pelaksanaan delapan poin arahan Presiden RI. Fokusnya termasuk pengendalian inflasi, pencegahan dan penurunan stunting, penanggulangan kemiskinan ekstrem, dan menjaga netralitas ASN menjelang Pemilu 2024. Selain itu kami juga berkomitmen melanjutkan program kerja yang sudah berjalan,” ungkapnya beberapa waktu lalu.

Untuk itu, Edy mengajak seluruh jajaran dan elemen masyarakat, untuk merayakan perayaan HUT ke-20 Bombana yang mengambil tema “Melangkah Maju Bersama Bombana” menjadi momen bersejarah yang diwarnai oleh kebersamaan dan apresiasi terhadap perjalanan pembangunan daerah ini. (adv/idh)

Suka Cita Masyarakat Peringati Dua Dekade Bombana

KENDARINEWS.COM – Bombana sudah dua dekade menjadi daerah otonom, setelah berpisah dari Kabupaten Buton. Peringatan HUT 20 Bombana itu disambut suka cita masyarakat dengan ragam event yang berlangsung selama 13-18 Desember yang dipusatkan di Kecamatan Poleang.

Parade budaya, pameran pembangunan, jalan sehat, dan berbagai lomba melibatkan OPD dan warga membuat dirgahayu Bombana makin semarak. Momentum ini juga dijadikan kesempatan untuk mempererat persaudaraan warga Bombana, sambil mengenang perjalanan panjang kabupaten ini menuju kemajuan.

Sekda Bombana Man Arfah membuka pameran pembangunan dalam rangka memperingati HUT ke 20 Bombana.

Semangat suka cita pemerintah dan masyarakat dalam memperingati HUT Bombana ke 20 juga terlihat dalam kegiatan jalan sehat yang diikuti ribuan masyarakat Bombana dari berbagai elemen di Lapangan sepak bola Kastarib Kelurahan Kastarib Kecamatan Poleang, Minggu (17/12).

Pj Bupati Bombana, Edy Suharmanto didampingi Sekda Bombana, Drs. Man Arfa dan Ketua DPRD Bombana, Arsyad bersama ribuan masyarakat berjalan dengan penuh semangat dan sukacita. Jalan sehat itu, menjadi salah satu peneguh komitmen pemerintah dan masyarakat dalam melangkah maju bersama Bombana.

Tari kolosal yang ditampilkan saat pembukaan pameran pembangunan Bombana.

Edy mengungkapkan rasa syukur atas momen bersejarah ini, mengingat perjalanan Bombana yang mekar dari Kabupaten Buton dua dekade yang lalu. Edy menekankan pentingnya perayaan ini sebagai momentum berkesan dalam sejarah Bombana. Untuk itu, Ia mengucapkan terima kasih kepada berbagai pihak yang telah berpartisipasi, khususnya seluruh masyarakat Bombana.

“Diharapkan kegiatan ini tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga memperkuat rasa persatuan dan kebersamaan di tengah masyarakat. Mari melangkah maju bersama Bombana,” terang orang nomor satu di Bombana ini.

Tari kolosal yang ditampilkan saat pembukaan pameran pembangunan Bombana.

“Kegiatan ini diharapkan bisa mendorong inovasi dan kreativitas seluruh stakeholder Pemkab Bombana dan masyarakat, untuk terus berinovasi di berbagai bidang,” pungkasnya. (idh/adv)

Tinggalkan Balasan