Membangun Kebersamaan,Wujudkan DWP UHO Tangguh

–Memperingati HUT Ke 24 DWP UHO & Hari Ibu Ke 95

KENDARINEWS.COM — Hampir sewindu (2017-2025) Dharma Wanita Persatuan (DWP) Universitas Halu Oleo (UHO) di tangan Viska Inda Variani, S.Si., M.Si. Tak sedikit karya dan pengabdian yang dihasilkan DWP UHO. Suasana guyub melingkupi organisasi kaum ibu dan perempuan internal UHO itu.

Semua itu dibangun di atas fondasi bernama kolaborasi dan kebersamaan. Semua sekat yang membentang, sirna. Semua larut dalam kebersamaan menggapai visi misi organisasi yang telah ditetapkan. Semua pengurus (DWP UHO hingga DWP sub unit di fakultas) bersatu. Semua tantangan melebur dalam bentuk dukungan.

Fenomena itu direfleksikan Ketua DWP UHO, Viska Inda Variani, S.Si., M.Si, dalam momen peringatan HUT ke-24 DWP UHO dan Hari Ibu ke-95, Minggu (10/12/2023), kemarin.

Usai berbagi tumpeng, Ketua DWP UHO, Viska Inda Variani, S.Si., M.Si., (lima kiri, duduk) bersama anggota DWP UHO berfoto bersama.

Mengawali periode pertama DWP UHO pada 2017, Viska Inda Variani mencoba memahami kebutuhan dan dinamika organisasi. Kala itu, Viska Inda Variani melihat prinsip kolaborasi sangat penting sebagai fondasi awal dan kata kunci untuk melakukan perubahan. “Dari ketidaksetujuan menjadi dukungan, awalnya ada sekat antaranggota,” ujarnya Minggu, kemarin.

Pada periode kedua memimpin DWP UHO, Viska Inda Variani gencar merintis perubahan, karena kaum ibu di DWP telah terbiasa melakukan giat bersama.

“Karenanya saya mencoba mengubah habit mereka, menekankan untuk selalu tepat waktu, dan mengajak ibu-ibu untuk bekerja bersama (kolaborasi) karena kebersamaan itu indah. Pada periode kedua, saya mendorong agar ibu-ibu DWP UHO untuk dapat bekerja sama dalam tim. Belajar bersama menciptakan karya yang lebih besar demi membesarkan nama DWP UHO dan menggali potensi bakat dan kemampuan ibu-ibu untuk berani mengambil peran dalam karya tersebut,” kata Viska Inda Variani.

Viska Inda Variani memandang persiapan matang dan koordinasi yang mantap sangat penting untuk kesuksesan kegiatan bersama dalam DWP. “Dalam menggelar acara, memerlukan persiapan matang agar berjalan sesuai harapan. Semua kegiatan harus dibuat dengan kerja sama antar semua unit dan sub unit,” tutur istri Rektor UHO Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc itu.

Suasana Minggu Sehat DWP UHO yang kali ini dirangkai dengan HUT ke-24 DWP UHO yang bulan ini bertepatan dengan moment perayaan Hari Ibu ke-95. Acara ini semakin meriah dengan senam pagi, molulo, sarapan bersama, games dan tukar kado antara pengurus DWP UHO yang pelaksanaannya terpusat di lapangan 2 UHO, Minggu (10/12).

Tak hanya sebagai pemimpin DWP UHO, Viska Inda Variani berperan sebagai “lokomotif” kaum ibu dalam menjalankan visi untuk merealisasikan misi organisasi. “Semoga kebersamaan dalam berkarya ini selalu dikenang dan menginspirasi karyakarya berikutnya,” tegasnya.

Sementara itu, Rektor UHO, Prof.Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., mengapresiasi karya yang telah ditunaikan DWP UHO melalui program kerjanya selama ini. Sekira 6 program kerja telah direaliasasikan DWP UHO. Pertama, capacity building. Kedua, UHO’s family fun bike. Ketiga, yoga & bincang sehat. Keempat, beauty class. Kelima, pelatihan P3K jantung koroner. Keenam, pelatihan pembuatan buket.

“Para ibu dan perempuan dalam organisasi DWP UHO ini membuktikan adanya satu visi, satu tujuan, keakraban, dan silaturahmi yang bisa terjalin. Kita sebagai keluarga besar Universitas Halu Oleo berharap kekompakan ini terus terjaga,” ujar Rektor Prof. Zamrun Firihu.

Rektor Prof. Zamrun menilai keakraban dan kekompakan para ibu semakin membaik. “Hal ini memberikan harapan untuk menghasilkan generasi unggul di masa depan. Kami berharap DWP UHO semakin kompak dan bergerak bersama menuju visi organisasi yang lebih besar,” tutupnya.

Dengan semangat kebersamaan dan visi yang kuat, DWP UHO di bawah kepemimpinan Viska Inda Variani terus melangkah menuju perubahan positif dan kontribusi yang lebih besar bagi lingkungan kampus UHO dan masyarakat Sultra. (rah/b)

Tinggalkan Balasan