Laboratorium BPOM Kendari Terakreditasi ISO17025

KENDARINEWS.COM–Laboratorium BPOM Kendari adalah laboratorium yang terakreditasi ISO/IEC 17025: 2017 oleh KAN BSN dengan Kode Akreditasi LP 245 IDN.

Kepala BPOM Kendari Riyanto S.Farm, Apt, MSc mengatakan laboratorium ini sudah handal artinya hasil ujinya bisa dipertanggungjawabkan. Olehnya itu pihaknya berkomitmen terus berupaya menjaga dan standar yang telah ditetapkan. Salah satu standar yang harus dipenuhi adalah Jaminan Mutu Hasil pengujian.

“Laboratorium uji sampel milik BPOM Kendari, telah terakreditasi ISO17025. Artinya hasil uji lab, sudah bisa dipertanggungjawabkan secara nasional maupun internasional.” kata Kepala BPOM Kendari Riyanto S.Farm, Apt, MSc saat menjadi narasumber Podcast Kendari Pos Chanel yang dipandu Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin, Kamis (9/11).

Ketika ada sampel misalnya lanjut Riyanto, terkait keracunan makanan maka hasilnya biasanya hanya memakan waktu satu atau dua hari. Pihaknya juga melakukan menerima pengujian sampel dari pihak ketiga, seperti dari Kepolisian, BNN, bahkan masyarakat itu sendiri. 

Riyanto menambahkan jika Balai POM Kendari kini membawahi 12 Kabupaten di Sultra yang tersebar di wilayah daratan.  Sementara di wilayah kepulauan selain Wakatobi dibawahi Loka Pom BauBau.

Meski demikian, Loka Pom BauBau juga tetap berkoordinasi dengan BPOM Kendari. Karena LOKA POM BauBau belum memiliki laboratorium pengujian sehingga masih menggunakan lab BPOM Kendari,” tandasnya.(kn)

Tinggalkan Balasan