Pengamat: Pasangan Prabowo-Gibran Gerus Suara PDI

KENDARINEWS.COM–Merapatnya Putra Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dalam Koalisi Indonesia Maju (KIM) sebagai calon pendamping Prabowo Subianto pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diprediksi berdampak negatif terhadap Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

Pakar Politik dari Universitas Muhammadiyah Kendari (UMK) Awaluddin Maruf mengungkapkan rencana pencalonan Gibran sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) dari Prabowo Subianto akan menggerus suara PDIP yang notabene nya adalah para pendukung Jokowi.

“Dalam konteks elektoral sebenarnya sangat menguntungkan Pak Prabowo. Karena Gibran saat ini menjabat sebagai Wali Kota Solo sekaligus anak Jokowi. Otomatis pasangan ini akan menggerus suara PDIP yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur,” ungkap Awaluddin.

Awaluddin menambahkan, rencana koalisi Prabowo – Gibran juga menjadi pukulan telak bagi PDIP lantaran dukungan Jokowi dan simpatisan yang tergabung dalam Relawan Pro Jokowi (Projo) mengarah ke pasangan Prabowo – Gibran.

“Pak Jokowi cenderung punya andil untuk ambil langkah strategis memenangkan Prabowo. Pak Jokowi juga masih punya kekuatan eksekutif yang cukup besar apalagi dia punya basis massa yakni Relawan Projo,” beber Awaluddin.

Meski pasangan Prabowo – Gibran akan berkoalisi, Awaluddin belum bisa memprediksi potensi kemenangan pasangan tersebut, lantaran dua calon lainnya yakni pasangan Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar (AMIN) dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD juga memiliki kualitas baik.

“Tren (kemenangan) belum bisa kita lihat (prediksi) karena kita butuh data pendukung, kinerja mesin parpol juga belum terlalu kelihatan,” ungkap Awaluddin.

Terpisah, Ketua Gerindra Sultra, Andi Ady Aksar menyambut baik rencana pasangan Prabowo -Gibran maju sebagai Capres dan Cawapres RI Periode 2024 – 2029. Menurutnya, pasangan tersebut sangat ideal dan berpeluang memenangkan pada Pilpres 2024.

“Kami yakin Pak Prabowo bisa memenangkan pertarungan (Pilpres) 2024. Kami siap bekerja agar Partai Gerindra bisa menjadi pemenang Pemilu. Kami sudah minta semua pihak untuk selalu solid,” pungkasnya. (ags)

Tinggalkan Balasan