Khasiat Dahsyat Sikuning Kunyit Untuk Kesehatan

KENDARINEWS.COM–Ada segudang manfaat kunyit untuk kesehatan, salah satunya mengobati peradangan dalam tubuh. Penasaran dengan manfaat kunyit lainnya? Simak artikel berikut ini. 

Kunyit biasa digunakan sebagai bumbu penyedap rasa. Namun lebih dari itu, kunyit punya segudang manfaat yang patut diketahui. 

Manfaat kunyit sudah terkenal di kalangan masyarakat Asia Tenggara. Tumbuhan ini memiliki tradisi panjang dalam penggunaan sebagai obat alami untuk berbagai masalah kesehatan. 

Berkat kurkumin, kunyit memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan, yang punya manfaat dalam mengurangi risiko beberapa penyakit, seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, dan kanker. 

Inilah manfaat kunyit bagi kesehatan, dan cara menambahkannya ke dalam makanan dilansir dari Health.com.

Kunyit dikenal luas mengandung sifat antioksidan dan anti-inflamasi. Karena itu, kunyit dimanfaatkan sebagai obat potensial untuk kecemasan, sindrom metabolik, dan banyak kondisi peradangan. Para ahli mengaitkan sebagian besar manfaat kunyit dengan senyawa antiinflamasi dan antioksidannya.

1. Memperbaiki Penyakit Ginjal pada Penderita Diabetes 

Sebuah penelitian kecil mengamati penderita diabetes tipe 2 dengan penyakit ginjal stadium akhir. Mereka menemukan bahwa konsumsi kunyit berpengaruh pada tes yang mengukur penanda kerusakan ginjal. 

Meskipun penelitiannya kecil, dengan hanya 40 peserta, kunyit terbukti memperbaiki fungsi ginjal bagi mereka yang mengonsumsi. 

2. Dapat Mengurangi Perladangan

Manfaat kunyit yang kedua adalah mampu mengurangi peradangan. Peradangan merupakan bagian dari pertahanan sistem kekebalan tubuh. 

Saat Anda menghadapi virus, sistem kekebalan mengirimkan sel inflamasi dan bahan kimia, seperti sitokin untuk melindungi dan menyembuhkan tubuh Anda. 

Senyawa kurkumin yang ada pada kunyit baik untuk membantu meredakan peradangan. Kandungan inilah yang nantinya akan menutup kerja dari sitokin dan enzim yang menyebabkan inflamasi pada badan.

3. Dapat Memperbaiki Sindrom Metabolik

Sindrom metabolik, juga disebut resistensi insulin, adalah kondisi yang meningkatkan risiko diabetes tipe 2, strok, dan penyakit jantung. 

Sindrom metabolik ditandai dengan gula darah tinggi, trigliserida tinggi, dan tekanan darah tinggi.

Sebuah studi kecil mengamati efek suplementasi kurkumin pada peserta dengan sindrom metabolik. Mereka menemukan bahwa kunyit secara signifikan mengurangi sitokin dalam darah peserta selama delapan minggu. 

4. Membantu Mengurangi Depresi dan Kecemasan

Hampir 17% orang akan mengalami depresi dalam hidup mereka, biasanya pada usia remaja akhir atau awal 20-an. 

Sekelompok ilmuwan mengamati efek kunyit terhadap depresi dan kecemasan. Mereka menemukan bahwa peserta yang mengonsumsi kunyit menunjukkan perbaikan yang signifikan pada gejala depresi dan kecemasan. 

Meski manfaat kunyit sudah terbukti menyehatkan tubuh, Anda perlu menyertainya dengan olahraga dan menerapkan gaya hidup sehat. (fin/kn)

Tinggalkan Balasan