Menanti Hasil Seleksi JPTP, Ini Kata Ferdinand Sapan

KENDARINEWS.COM–Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) pada 9 posisi eselon II lingkup pemerintah kabupaten (pemkab) Konawe, telah berakhir akhir pekan kemarin. Hasil asesmen yang digelar sejak 28 Agustus – 2 September 2023 itu, kini dalam tahap rekapitulasi oleh panitia seleksi (Pansel) JPTP bentukan Pemkab Konawe.

Sekretaris Kabupaten (Sekab) Konawe Ferdinand Sapan mengatakan, pemkab belum mengeluarkan hasil asesmen pada 9 JPTP yang lowong. Pihaknya saat ini masih melakukan rekapitulasi dari setiap sesi yang diujikan.

“Dari masing-masing posisi yang dilamar, nanti nama yang keluar hanya yang masuk tiga besar saja,” ujar Ferdinand Sapan, Senin (4/9).

Ia menuturkan, hasil seleksi yang dilakukan Pansel JPTP, nantinya akan dilaporkan kepada pejabat pembina kepegawaian (PPK), dalam hal ini Bupati Konawe. Dari tiga nama yang lulus asesmen pada jabatan yang dilamar, PPK memiliki kewenangan untuk memilih aparatur sipil negara (ASN) yang nantinya mengisi jabatan kosong tersebut.

“Kami di Pansel hanya mengeluarkan rekomendasi hasil seleksi. Bupati-lah yang memiliki kewenangan penempatan,” ucap Ketua Pansel JPTP Konawe itu.

Ferdinand Sapan menambahkan, pada setiap seleksi apapun, konsekuensinya pasti ada yang lulus dan tidak lulus. Dari asesmen yang digelar tersebut, ia tak menampik, masih ada sejumlah kelemahan ASN lingkup pemkab yang ikut lelang JPTP. 

“Meski mendapat orang cerdas, tapi bukan itu saja ukurannya. Kita ingin mencari pejabat yang punya integritas dan loyalitas juga,” tandasnya. 

Sebagai informasi, ada 9 posisi eselon II yang dilelang lewat seleksi JPTP lingkup pemkab Konawe. Yakni, BKPSDM, Dinas Ketahanan Pangan, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dinas Tenaga Kerja & Transmigrasi (Disnakertrans), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Perikanan, Badan Kesatuan Bangsa & Politik (Kesbangpol), Staf Ali Bidang Kemasyarakatan, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD). (adi/kn)

Tinggalkan Balasan