Gandeng Media, Kemenag Siap Sukseskan KSM Nasional ke-XII di Sultra

KENDARINEWS.COM–Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) ditunjuk oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) sebagai tuan rumah pelaksanaan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Tingkat Nasional ke XII tahun 2023 yang akan  bergulir mulai 3 -7 Oktober tahun 2023 di Kota Kendari.

Kepala Kanwil Kemenag Sultra, Muhammad Saleh mengatakan,  KSM Nasional  tersebut akan dihadiri oleh 33 Kemenag Provinsi se-Indonesia dengan prediksi tamu udangan mencapai 1.500 orang. “Sebagai tuan rumah, saat ini kita lagi fokus lakukan persiapan untuk menyukseskan kegiatan nasional ini. Mohon dukungannya dari teman-teman media, khususnya dari Kendari Pos,” ungkap Muhammad Saleh saat menyambut kunjungan jajaran direksi Harian Kendari Pos di ruang kerjanya, Rabu (30/8) petang kemarin.

Dihadapan Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin yang didampingi oleh Wakil Direktur Kendari Pos Awal Nurjadin dan berapa managemen direksi, Saleh mengungkapkan, rencananya kegiatan itu akan dibuka langsung oleh Menteri Agama (Menag) Republik Indonesia (RI) Yakut Cholil Qoumas dan sejumlah rombongan Kemenag RI.

“KSM tingkat Nasional ke-XII ini akan berlangsung mulai Minggu tanggal 3-7 September 2023. Sekarang sudah mulai berdatangan peserta dari berbagai provinsi se-Indonesia,” ungkapnya.

Untuk menyukseskan kegitatan tersebut, mantan Kepala Bagian Tata Usaha (KTU) Kemenag Sultra itu mengatakan, dirinya sangat mengharapkan  dukungan back-up dari sejumlah masyarakat, Pemerintah, dan khususnya sejumlah insan pers yang ada di Kota Kendari. “Khususnya dari segi pemberitaan dan penyampaian informasi ke publik. Karena kita tidak bisa hanya mengandalkan website Kemenag, namun harus ada dukungan dari sejumlah rekan media, pemerintah maupun masyarakat agar kegiatan nasional ini bisa berjalan dengan sukses,” pintanya.

Dikesempatan itu, Muhammad Saleh memaparkan, terkait kesiapan pelaksanaan agenda nasional yang bertajuk “Mandiri Berprestasi Membangun Kemuliaan Generasi” itu sudah mencapai angka 90 persen.

“Alhamdulillah terkait persiapan penyelengarakan KSM sudah mencapai 80 hingga 90 persen. Sekarang kita masih akan melakukan evaluasi beberapa item yang masih kurang. Untuk memaksimalkan itu, kita sudah meminta kepada seluruh Kemenag Kabupaten Kota untuk kita saling backup guna menyukseskan kegiatan ivent nasional ini,” bebernya.

Selanjutnya, kata dia, untuk kesiapan penginapan dan transportasi para tamu undangan sudah tidak ada masalah. Karena sejak dua bulan lalu para peserta sudah booking hotel masing-masing.

“Sementara untuk tempat kegiatan lomba dan expo dipusatkan di dua tempat, yakni di GOR Apriani dan gedung perpustakan modern international. Untuk pembukaan dipusatkan di pelataran kantor Balai Kota Kendari. Kegitan akan dimulai pada hari Minggu tanggal 3 sekitar pukul 19:00 Wita.  Tapi persiapan itu dilakukan ba’da shalat ashar. Kalau untuk dewan juri sendiri  disiapkan langsung dari Kemenag RI,”terangnya.

Disisi lain, dalam pelaksanaan kegiatan ini juga akan memberikan dampak positif terhadap perputaran ekonomi daerah. Khususnya income perkapita atau perputaran uang di Kota Kendari bisa mencapai miliaran.  “Sehingga kita harapkan bagi pelaku usaha, perhotelan, rumah makan dan usaha UMKM yang ada di Kota Kendari bisa memanfaatkan momen ini untuk meningkatkan pendapatannya,”pintanya.

Dikesempatan itu, Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin mengapresiasi atas kepercayaan yang diberikan sebagai tuan rumah ivent nasional itu. “Ini adalah suatu kebanggaan bagi kita. Sultra ini sudah beberapa kali menjadi tempat pelaksanaan ivent nasional. Kemudian untuk Kemenag ini adalah penghargaan yang luar biasa,”apresiasinya.

Irwan mengatakan siap mendukung penuh pihak Kemenag Sultra dalam menyukseskan pelaksanaan KSM tingkat Nasional ke-XII di Sultra. “Kita siap suport, khususnya dari segi pemberitaan dan publikasi selama kegiatan, nanti akan ditampilkan di koran Kendari Pos,”katanya.

 Selain membahas agenda tuan rumah KSM, dikesempatan itu Irwan Zainuddin mengharapkan kerja sama dalam hal publikasi kegiatan dan capaian kinerja Kemenag se-Sultra untuk bisa diekspose melalui koran Kendari Pos. Mendengar pemaparan itu, Kakanwil Kemenag Sultra Muhammad Saleh menyambut baik atas tawaran pimpinan media pertama dan terbesar di Sultra itu. “Kalau itu  kita akan agendakan khusus kedepan bagaiman kerjasama terus terjalin, karena setelah ivent ini tentu masih banyak ivent besar, misalnya persiapan pelaksnaan Hari Amal Bhakti (HAB) awal tahun 2024 mendatang. Yang jelasnya saat ini kita fokus sukseskan dulu KSM ini,”pungkasnya.

Untuk diketahui, dalam kunjungan silaturahmi dengan kepala Kemenag Sultra itu, turut dihadiri Pimred Kendari Pos, Inong Saputra, Manager EO dan Iklan Nursyamsi Abidin, Manager Sirkulasi Resmin, dan sejumlah crew Harian Kendari Pos. (kam/kn)

Tinggalkan Balasan