Pangdam XIV Hasanuddin Pimpin Upacara Penerimaan Satgas Pamtas RI – PNG di Konsel

KENDARINEWS.COM–Pangdam XIV/Hasanuddin, Mayjen TNI Totok Imam Santoso memimpin langsung upacara penerimaan 450 personel Satgas Pamtas RI – PNG dari Batalyon Infanteri (Yonif) 725/Woroagi, di Markas Yonif yang berkedudukan di wilayah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Senin (28/8).

Upacara tersebut diikuti langsung Jajaran PJU Kodam XIV Hasanuddin, Danrem 143 Halu Oleo Brigjen TNI Ayub Akbar dan PJU jajaran, Dandim jajaran, Bupati Konsel H Surunuddin Dangga, Ketua DPRD Konsel Irham Kalenggo, jajaran Forkopimda, pemerintah setempat, dan pihak terkait lainnya.

Usai upacara, selaku Panglima Kodam dan mewakili seluruh warga Kodam XIV Hasanuddin, dirinya mengucapkan selamat atas kembalinya Satgas Pamtas RI – PNG Yonif 725 Woroagi dari penugasan. Bahkan Mayjen TNI Totok Imam Santoso mengapresiasi kinerja para pasukan selama penugasan.

“Alhamdulliah, saya beserta Irdam, Asisten Kodam, dan seluruh PJU kita menerima kembalinya Satgas PAM Perbatasan dari Batalyon Infanteri 725 Woroagi yang sudah bertugas selama satu tahun,” ungkapnya.

Dikatakannya, dari pemaparan Danyon dan juga laporan selama ini, satgas telah banyak melakukan keberhasilan.
“Baik dari penangkapan penyelundupan ganja, pemusnahan ladang ganja, menangani masalah minuman keras dan sejenisnya, penyelundupan senjata, dan banyak lagi prestasi,” ujarnya.

Tak hanya itu, lanjut ia, satgas pamtas Yonif 725 Woroagi juga mendapat simpati dari masyarakat dan pemerintah daerah sehingga mendapat bantuan tanah. Artinya selama penguasan, satgas pamtas Yonif 725 Woroagi mampu menunjukan sejumlah prestasi.

“Setelah masa operasi, pasukan akan menjalankan masa cuti. Harapan kita kesan bagus selama penugasan tetap dilanjutkan saat masa cuti. Jaga citra sebagai prajurit sejati, jangan lakukan pelanggaran sekecil apapun. Apabila melakukan suatu pelanggaran berarti siap rugi sendiri, keluarganya maupun atasannya,” pesannya.

Lebih lanjut, menghadapi Pemilu 2024 mendatang, ia menegaskan TNI sudah ada arahan untuk bersikap netral. “Kita tidak boleh memihak kepada siapapun. Tugas kita berada ditengah – tengah, membantu pemerintah daerah dan kepolisian bahkan KPU untuk melancarkan dan mengamankan pemilu,” pungkasnya.

Sementara itu Bupati Konsel H Surunuddin Dangga mengatakan Markas Yonif 725 Woroagi berada di wilayah Kabupaten Konawe Selatan.
Artinya pemerintah daerah komitmen memberi dukungan dan apresiasi atas keberhasilan satgas pamtas selama menjalankan tugas. Dirinya mengatakan, selama ini TNI dan Polri telah banyak berkontribusi untuk daerah.

“Suatu kebanggaan tersendiri bagi Kabupaten Konawe Selatan karena Satgas Pamtas Yonif 725 Woroagi menjalankan penugasan secara baik. Menjaga NKRI dalam mengamankan perbatasan RI. Kita selalu komitmen mempererat sinergitas dan kolaborasi lintas sektor karena berdampak positif bagi pembangunan daerah,” ungkapnya saat dikonfirmasi usai mengikuti upacara tersebut. (ndi/kn)

Keterangan gambar: Foto bersama usai upacara penerimaan Satgas Pamtas RI – PNG dari Batalyon Infanteri (Yonif) 725/Woroagi, di Markas Yonif yang berkedudukan di wilayah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Senin (28/8).

Tinggalkan Balasan