Alhamdulillah, Hari Ini 998 PPPK Nakes Konawe Terima Gaji

KENDARINEWS.COM–Sebanyak 998 pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) formasi tenaga kesehatan (nakes), boleh tersenyum lega. Pasalnya Pemkab Konawe membayarkan gaji yang sempat tertunda itu .

Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Konawe, HK Santoso mengatakan, pembayaran gaji 998 PPPK nakes bakal dilakukan pada hari ini, Kamis (24/8). Katanya, Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) gaji PPPK nakes sudah dikeluarkan pada Rabu (23/8).

“Besok (hari ini red) kita bayarkan untuk gaji PPPK nakes. Kita rapel dua bulan untuk tahap pertama ini. Yakni, Juli-Agustus 2023, totalnya Rp 6,289 M,” ujar HK Santoso, Rabu (23/8).

Santoso menuturkan, gaji PPPK nakes menggunakan sistem pembayaran reimburse. Yaitu, pemkab membayarkan terlebih dahulu gaji PPPK tersebut, lalu melaporkan ke pusat untuk dibayarkan ulang ke pemkab Konawe. Katanya, pembayaran gaji dua bulan (Juli-Agustus 2023) bagi 998 PPPK nakes, dilakukan sesuai dengan penerimaan SK Pengangkatan, yakni Juni 2023. Meskipun memang, SK Pengangkatan itu berlaku terhitung mulai tanggal (TMT) sejak 1 April 2023.

“Kita sesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Sebab, ini sistemnya reimburse (pemkab yang talangi, red), jadi kita bayarkan dua bulan. Insyaallah, September 2023 akan normal pembayarannya,” tuturnya.

Santoso menambahkan, pada September mendatang, pemkab juga bakal membayar kekurangan gaji 998 PPPK nakes yang belum diterima untuk hitungan penggajian Juni 2023. Ia menyebut, tidak ada penahanan pembayaran gaji PPPK nakes. Keterlambatan terjadi karena input data ke SIMGaji prosesnya memakan waktu lama.

“Kalau ada yang bilang pemerintah menahan (gaji PPPK nakes), itu keliru. Sebab ini sistemnya reimburse. Jadi, apa yang kita bayarkan, setelah dilaporkan itu akan dibayarkan ulang oleh pusat. Tidak akan hilang gaji itu,” tandasnya. (adi/kn)

Tinggalkan Balasan