Hari Ini, KPU Umumkan DCS Bacaleg, Pengamat: Masyarakat Diharap Beri Masukan

KENDARINEWS.COM–Mulai hari ini, Jumat (19/8)Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) mengumumkan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) DPRD yang masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS). Dalam tahap ini, masyarakat diharapkan memberikan masukan sebagai bentuk pengawasan. 

Ketua KPU Sultra, Asril mengungkapkan, sesuai tahapan pengumuman DCS akan dilaksanakan pada 19 – 23 Agustus 2023. Informasi seputar DCS akan diumumkan secara luas kepada masyarakat melalui media, laman (website) KPU termasuk akan diumumkan di Media Sosial (Medsos) KPU. ”Besok (hari ini) diumumkan,” ungkapnya. 

Mantan Ketua KPU Kota Kendari ini berharap dalam tahapan ini, masyarakat bisa memberikan masukan terhadap calon yang telah ditetapkan sebagai DCS sehingga pihaknya bisa melaksanakan evaluasi. 

”informasi (pengumuman) ini akan disampaikan kepada masyarakat luas dan diharapkan partisipasi masyarakat (dalam mengawasi,” singkatnya. 

Terpisah, Pengamat Politik dari Universitas Halu Oleo, Dr. Najib Husain berharap KPU bisa konsisten dalam melaksanakan semua tahapan pemilu termasuk di antaranya dalam mengumumkan DCS Bacaleg DPRD Sultra. 

Najib juga meminta KPU harus lebih cermat dan teliti dalam menetapkan DCS Bacaleg. Maksudnya, kekurangan dari DCS  sudah bisa di minimalisir. “Misalnya mereka yang masih berstatus ASN tapi masih masuk dalam daftar, itu perlu ada penjelasan yang lebih jelas kepada publik apakah mereka yang kategori masih ASN itu sudah bisa masuk DCS atau mereka sudah seharusnya mundur dari ASN,” ungkapnya. 

Selanjutnya, kata Najib, KPU bisa memastikan bacaleg yang masuk DCS tidak terlibat atau bebas masalah hukum. “Bagi mereka yang pernah dihukum itu harus  dipastikan mereka sudah bebas dan sudah menyampaikan kepada publik. Mereka harus menuruti persyaratan yang ada karena ditetapkan sebagai DCS,” tuturnya. 

Pada tahap ini (pengumuman DCS), ia  meminta masyarakat untuk ikut serta mengawasi dengan cara memberikan masukan kepada KPU atas pengumuman DCS yang telah dikeluarkan. 

“Itu (masukan masyarakat) harus dilakukan karena KPU tidak menjadi wasit yang sempurna. Banyak hal  yang dimiliki calon legislatif itu yang tidak diketahui oleh KPU dan sebaliknya yang tahu itu adalah masyarakat sepeti rekam jejak calon,” Kata Najib. 

Najib berharap, masukan dari masyarakat nantinya tidak hanya bersifat formalitas saja, akan tetapi bisa menjadi pertimbangan bagi KPU dalam melaksanakan verifikasi kedepannya. ” Kalau ada masukan saran yang diberikan oleh masyarakat maka itu perlu dipertimbangkan oleh KPU,” kata Najib. 

Sekedar informasi, jadwal tahapan pengumuman bacaleg meliputi  pengumuman DCS atau nama-nama bacaleg (19-23 Agustus 2023), serta masukan dan tanggapan masyarakat terkait nama-nama bacaleg ( 19-28 Agustus 2023).

Selanjutnya, pengajuan pengganti calon sementara Anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pasca masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS (14-20 September 2023), dan verifikasi atas pengajuan pengganti calon sementara anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota pasca masukan dan tanggapan masyarakat atas DCS (21-23). (ags/kn)

Tinggalkan Balasan