Bangun Konsolidasi, PDIP Sultra Optimis Menangkan Pileg 2024

KENDARINEWS.COM– Tanggal 14 Februari tahun depan pesta demokrasi lima tahunan mulai bergulir. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) merupakan salah satu kontestan dalam pileg di Sultra. Para petugas partai besutan Megawati ini optimis memenangkan Pileg di Bumi Anoa. 

Ketua PDIP Sultra, Lukman Abunawas optimis bisa memenangkan Pileg 2024. Ia menargetkan bisa merebut 10 kursi atau dua kali lipat lebih besar dari sebelumnya (Pileg 2019) hanya 5 kursi. 

“Saat ini kita punya anggota DPRD Provinsi lima orang. Jadi bisa kita menambah di 2024 minimal sembilan, target kita sepuluh kursi,” ungkap Lukman Abunawas. 

Guna mewujudkan misi tersebut, pihaknya terus membangun konsolidasi baik di tingkat pengurus Provinsi, Kabupaten/Kota, hingga pengurus ranting di Kecamatan. 

Lukman menjelaskan, bahan konsolidasi partai terhadap pengurus yakni penguatan peran dan ideolongi pengurus terutama yang ada di DPC (Dewan Pengurus Cabang) dan pembinaan terhadap anggota baru yang telah diusul sebagai calon anggota legislatif (Caleg) 

“Kami berusaha mensolidkan anggota agat mau bekerja dan bertanggung jawab di dapil Masing-masing. Kalau kita solid dan bergerak satu komando pasti kita menang” kata Lukman.

Senada Wakil Ketua PDIP Sultra, Agus Sanaa, mengungkapkan keoptimisian PDIP memenangkan Pileg di tanah air termasuk di Sultra. Ia yakin, dibawa kendalk Lukman Abunawas PDIP Sultra bisa meraih kursi sebanyak banyaknya di Parlemen Sultra. 

Lanjut dia, pileg tahun ini menjadi ajang pertarungan yang sangat elok bagi para calon yang diusung. Sehingga tidak heran, perebutan kursi menjadi target utama yang harus dimenangkan. 

“Kami menargetkan sebanyak mungkin kursi di DPRD Sultra delapan sampai sembilan kursi, agar bisa mengusung calon untuk bertarung di Pilgub Sultra mendatang,” kata Agus Sanaa. 

Sementara itu, Pakar Politik dari Universitas Halu Oleo, Dr Najib Husain memprediksi, PDIP berpeluang besar memenangkan Pileg 2024 lantaran didukung tokoh (caleg) yang memiliki basis massa yang jelas. 

Ia mencontohkan pada pemilu 2019, PDIP berhasil merebut lima kursi DPRD termasuk merebut kursi Wakil Ketua DPRD yang kini dijabat oleh Nur salam Lada. 

Lanjut dia, keuntungan lain PDIP dalam pemilu kali ini yakni menyandang status sebagai pemenang pemilu 2019 dan posisi di beberapa daerah yang masih diperhitungkan keberadaannya terutama di Kabupaten Muna, Wakatobi, Baubau, Kendari. 

“Didaerah tersebut potensi kemenangannya cukup besar. Walaupun pada 2019 tidak secara utuh 17 Kabupaten/Kota (memenangkan pemilu) tetapi PDIP ini kuat dibeberapa daerah. Itu artinya bahwa PDIP tinggal memainkan strategi untuk memaksimalkan domain kantong-kantong suara yang cukup potensial itu untuk kembali meraih kemenangan,” Kata Najib. 

Najib berpesan, jika PDIP ingin mengunci kemenangan pada Pileg 2024 maka seluruh petugas partai terutama elite partai didaerah harus bekerja maksimal atau mengumpulkan suara yang sebanyak banyaknya dalam pemilu. 

“Elit partai harus bekerja terutama lima kader yang saat ini sudah duduk di DPRD Sultra. Karena PDIP sudah mendeklarasikan diri bahwa kader adalah petugas partai. Itu artinya jika misalnya partai lain terjadi konflik antara internal, sementara PDIP harus menghindari hal itu karena mereka semua adalah pekerja partai yang sudah diatur dalam partai,” pungkasnya.

Sekedar informasi, pada Pileg 2019, PDIP berhasil meraih lima kursi DPRD Sultra. Kelima kursi itu diisi oleh Hj Sulaeha Sanusi (Dapil Sultra 1), Hasrat (Dapil Sultra 2), La Ode Frebi Rifai (Dapil Sultra 3), Nursalam Lada (Dapil Sultra 4) dan Gunariyo (Dapil Sultra 5).

Perlu diketahui pula, pada Pileg 2024 mendatang, PDIP Sultra mengusung sebanyak 45 nama bakal calon anggota legislatif (bacaleg). Mereka yang didaftarkan itu tersebar di 6 dapil, diantaranya dapil 1 di Kendari 6 kursi, dapil 2 di Konawe Selatan dan Bombana 8 kursi, Dapil 3 di Muna Raya 6 kursi, dapil 4 di Buton Raya 10 kursi, dapil 5 Kolaka Raya 9 kursi dan dapil 6 di Konawe 6 kursi. (ags/kn)

Tinggalkan Balasan