Pemprov Sultra Siap Sukseskan Peringatan PRB 2023

KENDARINEWS.COM–Sulawesi Tenggara kembali mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah ivent nasional yakni Peringatan Pengurangan Resiko Bencana (PRB) tahun 2023 yang dijadwal Oktober mendatang. Kini Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai melakukan langkah persiapan guna mensukseskan  PRB tahun 2023 yang puncaknya  bakal digelar di Bumi Anoa. Kesiapan itu terlihat melalui rapat bersama persiapan peringatan PRB  oleh BNPB, Pemprov  Sultra, dan Pemerintah Kabupaten/Kota Se Sultra di ruang pola kantor Gubernur,Kamis (27/7).

Plh Sekda Sultra yang juga Asisten administrasi umum setda Sultra, Sukanto Toding mengatakan, kegiatan PRB merupakan sebuah kegiatan reguler nasional yang setiap tahun yang dilaksanakan secara bergilir di ibukota provinsi.

“Ini merupakan kegiatan nasional BNPB RI di daerah. Tentu kita berterimakasih karena Pemprov Sultra diberi   kepercayaan menjadi tuan rumah PRB 2023 yang akan digelar pada Oktober mendatang,”kata Sukanto Toding.

Sebagai tuan rumah, tentunya ini merupakan kesempatan yang baik. Sebab ini dapat menjadi upaya mobilisasi informasi terkait kebijakan penanggulangan bencana daerah baik nasional maupun internasional.

“Kita tentu sangat mendukung kegiatan ini. Bahkan Sejak pak gubernur menerima tongkat estafet sebagai tuan rumah pelaksanaan PRB 2023, kami semua langsung menyatakan siap bukan saja terkait kesiapan sarana prasarana tetapi juga siap  alokasi anggaran dari Pemprov Sultra dan daerah,”bebernya.

Dalam kesempatan itu, Direktur  Mitigasi  Bencana BNPB, Berton Suar Pelita Panjaitan mengatakan, dalam kunjungan ke Sulawesi Tenggara  kali ini guna melihat kesiapan Sultra sebagai tuan rumah puncak PRB 2023.

“Kami sudah mengunjungi lokasi puncak kegiatan serta beberapa obyek wisata yang nanti akan dikunjungi para tamu yang hadir dalam perayaan PRB di Sultra. Tentu masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi untuk kesuksesan acara. Dan ini kami sudah bahas bersama para panitia daerah dan Pemprov Sultra,”bebernya.

Dalam  perayaan ini tentu akan banyak kegiatan yang dihadirkan, mulai dari seminar, penanaman mangrove, field trip dan beberapa efent untuk mengajarkan masyarakat tentang pentingnya penanggulangan bencana. Bahkan bakal ada edukasi khusus kepada 20 sekolah di Sultra untuk simulasi pengurangan resiko bencana di Daerah.

“Tunjuan kita sebenanya bagaimana para pelajar, masyarakat, pemerintah dan dunia usah harus bergotong royong dalam upaya penanggulangan bencana sehingga semua bisa berpartisipasi atau berperan dalam penanggulangan bencana. Tentunya dalam upaya ini seluruh aspek  harus kita libatkan,”tegasnya.

Ditempat yang sama Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Sultra, Muhammad Yusuf mengatakan, kegiatan raker persiapan PRB di Sultra sebagai salah satu wujud kesiapan Sultra dalam upaya mensukseskan helatan nasional itu.

“Dalam perhelatan ini, sebagai tuan rumah, Sultra tentu sudah sangat siap. Beberapa rangkaian kegiatan pun kini mulai dimatangkan,”bebernya.

Ia berharap melalui event nasional ini dapat menjadi ajang promosi  pariwisata dan peningkatan ekonomi daerah. Selain itu harapan terbesar melalui kegiatan ini bagaiamana  masyarakat bisa memahami resiko kesadaran bencana.

“Jadi harus ada pembelajaran yang kita ambil dari kegiatan ini. Bagaimana masyarakat kita bisa lebih paham tentang upaya pengurangan resiko bencana. Sebab dalam hidup, kita tidak bisa terlepas dari bencana. Karena itu hal ini saya anggap sangat penting untuk dijadikan pembelajaran bagi kita semua,”pungkasnya. (rah/kn)

Tinggalkan Balasan