Pemilih di Muna Berkurang 127

KENDARINEWS.COM — KPU Muna menetapkan 155.783 Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada pemilu 2024. Rinciannya, 74.795 pemilih laki-laki dan 80.988 pemilih perempuan. Jumlah itu mengalami pengurangan sebanyak 127, setelah dilakukan verifikasi dan pemutakhiran data pemilih.

Kordiv Perencanaan, Data dan Informasi KPU Muna, Yuliana Rita mengatakan awalnya daftar pemilih sebanyak 155.910. Namun setelah dilakukan perbaikan dengan membuka dan menerima masukan dari masyarakat, angka wajib pilih mengalami pengurangan sebanyak 127 dari data hasil pleno DPSHP. Alasannya, ada pemilih yang meninggal dunia, masuk dan keluar dari Muna.

Dia menambahkan, data hasil pleno yang ditetapkan merupakan data akurat dan bersih setelah melalui proses pemuktahiran. Mulai dari tingkat kelurahan atau desa hingga kecamatan. “Alhamdulilah, dari hasil pleno DPT yang telah dilakukan tidak mendapat catatan penting dari pihak Bawaslu Kabupaten Muna. Bisa kami pastikan, data pemilih tersebut bersih dan tanpa ada rekayasa,” ungkapnya.

Untuk memastikan warga terdaftar di DPT, kata dia, bisa menghubungi langsung panitia pemungutan suara (PPS) di kelurahan atau desa masing-masing. Pengecekan juga bisa melalui cek DPT online.

Kata Yuliana, apabila masih ada masyarakat yang melapor karena belum terdaftar sebagai pemilih tetap, KPU Muna belum bisa memastikan tidaklanjutnya. Karena pihaknya belum mendapat regulasi yang mengatur tentang masyarakat yg belum terdaftar di DPT.

“Nanti kita lihat kedepannya, apakah ada regulasi yg mengatur Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) ataupun akan ada DPT tahap 2. Kita menunggu saja regulasi selanjutnya,” pungkasnya. (deh/c)

Tinggalkan Balasan