FKM UHO dan Unhas Bersinergi Membina Warga Desa Watunggarandu

KENDARINEWS.COM—Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Universitas Halu Oleo (UHO) bersama FKM Universitas Hasanuddin (Unhas) berkolaborasi melaksanakan kegiatan program desa binaan di Desa Watunggarandu Kecamatan Lalonggasumeeto Konawe, Minggu (4/6).

Program yang terintegrasi dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) itu dilaksanakan di Desa Watunggarandu melalui program pemberdayaan remaja penggerak untuk kesehatan keluarga.

Peserta kegiatan ini adalah remaja putra dan putri Desa Watunggarandu Kecamatan Lalonggasumeeto Kabupaten Konawe dan dihadiri kepala desa, sekertaris, Ketua Badan Permusyawaratan Desa, perwakilan dari puskesmas, kader-kader posyandu anak dan lansia.

Kepala Desa Watunggarandu Sirajudin S.Ag., mengingatkan bahwa masalah kesehatan bukan hanya tanggung jawab dari pihak puskesmas saja tetapi pemerintah desa juga seharusnya turut andil dalam menangani masalah kesehatan masyarakat.

“Saya berharap kegiatan remaja penggerak kesehatan ini bukan hanya dilaksanakan hari ini saja, tapi bisa berlangsung hingga ke depannya dan menjadi kader posyandu remaja Desa Watunggarandu” tuturnya.

Sirajuddin juga mengucapkan terima kasih kepada tim pengabdian masyarakat atas dilaksanakannya kegiatan pemberdayaan remaja penggerak untuk kesehatan keluarga.

Tim FKM dalam kegiatan ini di pimpin oleh Dr. Sartiah Yusran, M. Ed., Ph.D sebagai Ketua Tim Pengabdian Masyarakat yang beranggotakan 1.Ibu Hartati Bahar S.KM., M.Kes (Pemateri 1), 2.Dr. Healthy Hidayanty, S.KM., M.Kes (Pemateri 2), 3.Dr. Nani Yuniar S.Sos., M.kes, 4.Harleli, S.ST., M.Kes 5.Jumakil S.KM., M.P.H.

Dr. Sartiah Yusran, mengatakan bahwa tujuan dari pengabdian Desa Binaan ini adalah untuk memasyarakatkan atau mengedukasi pembentukan kelompok remaja penggerak Kesehatan di Desa Watunggarandu dan harapannya kelompok remaja ini akan tetap berproses dibawah naungan Pak Desa.

” Kami berharap kegiatan ini dapat membantu aparat desa atau memediasi adik-adik remaja atau masyarakat kita dalam hal pola hidup sehat dan gizi seimbang.” katanya.

Sebelumnya kegiatan ini diawali dengan pelantikan kelompok remaja penggerak kesehatan keluarga Watunggarandu kemudian dilanjutkan materi tentang PHBS, tatanan rumah tangga serta gizi seimbang dan isi piringku.(kn)

Tinggalkan Balasan