Jabatan Pj Bupati Muna Barat dan Buton Selatan Diperpanjang

KENDARINEWS.COM– Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian kembali mempercayakan tampuk kepemimpinan dua daerah di Sultra kepada penjabat (Pj) lama. Masing masing Dr.Bahri memimpin Kabupaten Muna Barat (Mubar) dan La Ode Budiman juga dipercaya kembali memimpin Kabupaten Buton Tengah (Buteng).

Gubernur Sultra, Ali Mazi melalui Pelaksana Harian (Plh) Sekda Sultra, Yuni Nurmalawati memanggil Pj.Bupati Mubar, Bahri dan menyerahkan Surat Keputusan (SK) Mendagri tentang perpanjangan masa jabatan. Penyerahan SK Mendagri Nomor : 100.2.1.3-1199 tahun 2023 digelar di ruang pola Kantor Gubernur Sultra, Kota Kendari, Jumat (26/5), kemarin.

“Saya mewakili Gubernur Sultra dan para pejabat lingkup Sultra mengucapkan selamat atas penyerahan SK Pj.Bupati hari ini (kemarin,red). Semoga dapat kembali bekerja dan melanjutkan amanah jabatan yang diberikan dengan sebaik-baiknya,” kata Yuni saat menyampaikan kata sambutan gubernur, kemarin.

Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Sultra itu menjelaskan, perpanjangan masa jabatan ini sebagai langkah mengisi kekosongan jabatan kepala daerah di Kabupaten Mubar dan Buton Selatan (Busel), hingga nanti ditetapkan kepala daerah definitif hasil Pilkada 2024.

“Hal ini dilakukan agar roda pemerintahan, pembangunan daerah dan pelayanan masyarakat tetap berjalan sesuai dengan ketentuan dan aturan perundang-undangan yang berlaku,” kata Yuni.

Menurutnya, perpanjangan masa jabatan 2 Pj.Bupati sangat tepat, karena berpengalaman memimpin Kabupaten Mubar dan Busel setahun terakhir. “Pesan gubernur, agar Pj.Bupati terus menjaga integritas. Di tahun kedua ini, kami berharap Pj.Bupati Mubar dan Busel lebih masif mendorong pemerintahannya untuk melayani masyarakat dengan baik,” ungkap Yuni.

Komitmen Membangun Mubar

Di tempat yang sama, Pj Bupati Mubar, Bahri mengaku meski telah berkarya dalam pembangunan namun masih banyak pula hal yang mesti dituntaskannya pada tahun kedua memimpin. Ia berkomitmen membangun Kabupaten Mubar pada semua sektor.

“Saya akan fokus menuntaskan program-program di daerah yang sudah berjalan. Selain itu, kami tentu akan selalu tegak lurus menjalankan setiap amanah pemerintah pusat,” ujar Pj.Bupati Bahri, kemarin.

Pj.Bupati Bahri berkomitmen membangun legitimasi sehingga kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap pembangunan daerah semakin meningkat. “Kepercayaan dan dukungan itu adalah nomor satu. Kami fokus mencapai kesuksesan pembangunan karena kami adalah eksekutor pembangunan. Kami juga harus sadar bahwa tanggung jawab ini bukan hal yang ringan dan dijalankan sebaik-baiknya,” tuturnya.

Selain itu, Pj.Bupati Bahri bertekad menyukseskan agenda nasional, Pemilu 2024 agar berjalan dengan baik di wilayahnya. “Kita akan melanjutkan semua program yang sudah direncanakan di daerah, utamanya menjalankan seluruh program prioritas Presiden RI dan menyukseskan Pilkada, Pileg dan Pilpres 2024,” ucapnya.

Pj.Bupati Bahri meneguhkan koordinasi dengan jajaran pemerintahan di Mubar agar sistem pelayanan dan pembangunan daerah berjalan maksimal. “Program-program pembangunan akan tetap kita jalankan agar Mubar berkembang dan maju serta sejajar dengan daerah lain,” tutup Bahri. (rah/ahi/kn)

Tinggalkan Balasan