7.467 Siswa di Kendari Terima Bantuan PIP

KENDARINEWS. COM—.Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar Dikmudora kota Kendari, Darwis, S.Pd., M.Si mengatakan tahun ini ada ribuan siswa yang mendapatkan bantuan Program Indonesia Pintar (PIP). mulai dari tingkat SD berjumlah 4.410 siswa sedangkan untuk SMP 3.057 siswa.

“Saat ini sudah masuk tahap pencairan PIP tersebut. Hanya saja kami belum mendapatkan data berapa orang yang sudah terima dan belum terima,” ujarnya.

Darwis menjelaskan, bahwa setelah pencairan diharapkan setiap siswa langsung aktivasi. Bagi siswa yang mendapatkan PIP harus digunakan dengan semestinya, Seperti beli pakaian sekolah dan peralatan apapun yang digunakan untuk sekolah. Karena seperti yang kita ketahui masih banyak siswa yang ingin mendapatkan PIP tapi namanya belum tercover.

“Diharapkan juga siswa, jika sudah cair dananya segera laporkan ke sekolah agar sekolah, mengkonfirmasi bahwa siswa tersebut sudah menerima dana nya. Gunanya aktivasi itu adalah menandakan bahwa siswa tersebut memang betul-betul punya rekening tersebut. Adapun syarat aktivasi yaitu, surat keterangan aktif sekolah, kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga. Penerima PIP ini memang siswa yang tidak mampu namun berprestasi dalam pendidikan,” terangnya.

Ia menambahkan, bagi pelajar yang merasa dirinya layak untuk mendapatkan PIP segera mendaftarkan dirinya ke kelurahan atau langsung ke sekolah tempat dimana ia sekolah dengan membawa surat keterangan tidak mampu yang dibuat oleh lurah. Karena Program PIP ini, berguna sampai ke jenjang perguruan tinggi. Jadi jangan ada pelajar yang tidak melanjutkan pendidikan hanya dengan alasan kurang mampu.

“Apabila, ditemukan siswa penerima PIP sedangkan siswa tersebut dikategorikan mampu. Maka akan segera diproses dan dikeluarkan dari program tersebut. Seperti yang diketahui program ini adalah program untuk anak yang kurang mampu dan cerdas saja.” pungkasnya. (win/kn)

Tinggalkan Balasan