Mahasiswa FMIPA UHO Manfaatkan Pojok Statistik sebagai Sarana Belajar

KENDARINEWS.COM–Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) mahasiswa sangat menentukan masa depan. Dimana jurusan atau Program studi sangat berperan penting dalam mewujudkan hal tersebut.

Ini pula yang dilakukan Program Studi Statistik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Halu Oleo (UHO FMIPA) terus menggenjot kualitas mahasiswanya, salah satunya dengan memanfaatkan pojok statistik sebagai sarana pembelajaran.

Koordinator Program Studi (Kaprodi) FMIPA UHO, Dr. Ruslan, S.Si., M.Si , mengatakan bahwa dalam kurikulum merdeka belajar kampus merdeka (MBKM) mensyaratkan bahwa setiap mahasiswa diberi kesempatan untuk belajar diluar dari kampus.

“Kami bekerja sama dengan instasi terkait seperti Badan Pusat Statistik (BPS). Selain itu, kami juga menyiapkan fasilitas berupa pojok statistik dimana berguna untuk wadah belajar mahasiswa,” ujarnya.

Dr. Ruslan menjelaskan, bahwa pojok Statistik berfungsi sebagai media layanan dan promosi statistik di lingkungan universitas dan bertujuan untuk meningkatkan literasi data statistik melalui penyelenggaraan layanan dan promosi yang optimal khususnya untuk segmen akademisi.

“Dengan begitu mahasiswa kita mendapatkan ilmu tentunya dapat mengetahui bagaimana kerja dari BPS,” bebernya.

Ke depan, pihaknya akan menjajaki berbagai instansi terkait. Agar mintra dari Statistik FMIPA UHO itu banyak.

“Instasi terkait tersebut merupakan tujuan dari program magang mahasiswa kami nantinya, disana mereka akan belajar dan mendapatkan tambahan ilmu,” ucapnya.

Saat ini, lanjut Dr. Ruslan, Statistik FMIPA UHO sudah menerapkan MBKM hanya saja belum maksimal. “Penerapan MBKM kami di Statistik FMIPA UHO masih berupaya untuk memaksimalkan, dimana dalam MBKM sendiri sangat membawa dampak positif bagi mahasiswa saat ini,” katanya.

Ia menambahkan, bahwa untuk pojok statistik sudah diresmikan tahun lalu. Selama di dirikannya pojok statistik para mahasiswa memberikan respon yang sangat positif. Pojok statistik akan terus menjadi ruang diskusi bagi para seluruh mahasiswa untuk bisa belajar dan memahami lebih dalam mengenai literatur statistik dengan lebih mudah dan menarik.

“Dengan adanya pojok statistik saya berharap bisa membantu para mahasiswa untuk lebih mudah belajar dan penelitian dengan langsung mengunjungi pojok statistik di gedung kuning UHO,” tandasnya. (WIN/KN)

Tinggalkan Balasan