Asmawa Demo Mosolori Peringati HUT ke-192 Kota Kendari

KENDARINEWS. COM– Seru, itulah yang tampak d lobby Balai Kota Kendari pada Sabtu (6/5). Puluhan meja dengan berbagai menu khas Kendari menggugah selera pengunjung. Pasalnya saat itu tengah diadakan lomba Mosolori.

Antusias pengunjung dan peserta lomba bertambah sesaat setelah Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu membuka lomba Mosolori dalam rangka HUT Kota Kendari ke-192 tahun yang diikuti oleh Kepala OPD dan camat.

Pembukaan lomba ditandai dengan demo membuat sinonggi atau Mosolori yang dilakukan oleh Pj Wali Kota Kendari bersama Pj Ketua Tim Penggerak PKK Kota Kendari Siti Chomzah Asmawa.

Exhibition lomba Mosolori dimulai dengan memberikan jeruk nipis pada sagu. Pj Wali Kota Kendari menyebut pemberian jeruk nipis tersebut memiliki makna filosofi.

“Ini jeruk nipis filosofinya kalau ada yang tidak senang dengan bau-bau sagu dengan jeruk nipis ini bisa hilang,” ucapnya.

Selanjutnya, terlihat Pj Wali Kota Kendari mulai mengencerkan sagu dan mulai mencampur dengan air panas atau Mosolori dibantu oleh Pj Ketua TP PKK Kota Kendari.

Sukses membuat sinonggi, aksi Pj Wali Kota Kendari selanjutnya diikuti sekitar 41 peserta yang dibagi dalam 4 tahapan, karena harus melalui penilaian dewan juri.

Selain lomba Mosolori, para peserta juga menyiapkan aneka lauk pauk yang akan disajikan bersamaan dengan sinonggi. Aneka lauk pauk ini juga menjadi satu lomba dan penilaian tersendiri.(ani/kn)

Tinggalkan Balasan