Mengintip Miniatur Raja Ampat ‘ Labengki Island’ Nan Eksotis

KENDARINEWS.COM–Pulau Labengki adalah salah satu pulau kebanggaan Sulawesi Tenggara. Pulau Labengki secara administratif terletak di Desa Labengki, Kecamatan Lasolo Kepulauan, Kabupaten Konawe Utara. Pulau Labengki sendiri menyajikan keindahan alam dari beberapa gugusan pulau yang menjadi bagian dari Pulau Labengki yaitu, Labengki Besar, Labengki Kecil dan pulau-pulau kecil lainnya.

Pesona alam Pulau Labengki membuat banyak turis berdatangan mengunjungi pulau besar dan indah dengan pemandangan laut berair biru jernih yang memanjakan mata ini.

Pulau Labengki sering dikatakan sebagai miniatur dari Pulau Raja Ampat. Namun, kedua destinasi wisata alam ini tidak bisa dibandingkan karena memiliki keunggulan dan ciri khasnya masing-masing. Wisata alam pulau Labengki memberikan daya tarik tersendiri bagi wisatawan terutama spot snorkeling yang fantastis dan teluk cinta yang membuat para wisatawan terpana.

Selain dijadikan objek wisata alam, Pulau Labengki juga menjadi salah tempat untuk penelitian dan konservasi karena adanya salah satu spesies Kima terbesar di Pulau Labengki. Spesies Kima yang terdapat di Pulau Labengki tercatat sebagai spesies Kima terbesar kedua di dunia. Pulau Labengki pun disebut juga dengan Giant Clam Marine Park Reservation.

Akses Mudah Menuju Objek Wisata Alam Pulau Labengki

Kondisi geografis Pulau Labengki adalah kepulauan. Sehingga, hanya bisa ditempuh melalui jalur laut. Untuk sampai ke sana, membutuhkan waktu sekira 3 hingga 4 jam perjalanan dari ibu kota Provinsi Sultra, Kota Kendari. Wisatawan yang berangkat dari Kendari, nanti berhenti di Desa Tinobu, Kecamatan Lasolo.

Dari sini, bisa menyewa kapal nelayan. Namun, bisa juga menggunakan perahu boat. Karena lebih cepat dan nyaman. Jumlah penduduk Labengki hanya 523 jiwa. Mayoritas penduduknya bekerja sebagai nelayan. Pulau Labengki terdiri dari beberapa pulau yang diantaranya pulau Labengki besar, pulau Labengki kecil, dan pulau-pulau kecil. Labengki besar merupakan pulau terbesar di Kawasan Taman wisata alam laut teluk Lasolo dibandingkan dengan pulau lainnya.

Untuk fasilitas, tidak perlu khawatir. Di Pulau Labengki, ada 3 jenis penginapan yang bisa jadi pilihan. Bagi yang senang dengan perjalanan backpacker, bisa memilih penginapan homestay yang harganya murah meriah. Penginapan kedua ada Cottage. Ini sangat cocok bagi yang sedang berbulan madu. Dan penginapan ketiga, ada resort yang cocok untuk kelas ekonomi keatas. Harganya sesuai dengan fasilitas yang ditawarkan.

Secara keseluruhan, Desa Wisata Labengki memiliki 10 spot, yang sering dikunjungi wisatawan mancanegara dan domestik. Diantaranya, Goa Tobelo, Laguna, Blue Lagoon, View Raja Ampat, Teluk Cinta, Pantai Pasir Panjang, Pantai Pasir Merah, Kampung Bajo, Menara Mercusuar, dan Goa Kolam Renang. Sejak dibuka 2016, banyak turis lokal maupun manca negara berkunjung. Diantaranya, turis dari Jerman, India, Prancis, China dan negara lainnya.

Menghabiskan waktu di Pulau Labengki tidak akan memuaskan jika cuma sebentar saja. Anda sebaiknya mempersiapkan waktu selama 3 hingga 4 hari untuk bisa puas berwisata di Labengki. (kn)

Tinggalkan Balasan