Sosiologi Fisip UHO Optimis Raih Akreditasi Unggul

KENDARINES.COM–Jurusan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Halu Oleo (Fisip UHO) terus berupaya dalam meningkatkan kualitas dan mutu melalui akreditasi, saat ini jurusan tersebut tengah proses pengajuan reakreditasi dari A ke unggul. Ketua Jurusan Sosiologi Fisip UHO, Sarmadan, S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa untuk reakreditasi jurusan Sosiologi sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Dalam proses reakreditasi kita hanya mengirim data yang sesuai dengan poin dari unggul, Alhamdulillah kita sudah mengisi di Instrumen suplemen konversi (ISK) kita tunggu hasilnya saja. Sedangkan ISK sendiri adalah instrumen yang diusulkan oleh Dewan Eksekutif BANPT dan ditetapkan oleh majelis Akreditasi BAN-PT yang khusus digunakan untuk konversi peringkat dari sistem peringkat A, B dan C ke sistem peringkat unggul, baik sekali, dan baik,” ujarnya saat diwawancara, Kamis (30/3).

Ia menjelaskan, untuk mencapai target unggul tentunya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sesuai dengan ketentuan BAN-PT, yakni keberimbangan tenaga pengajar dosen dengan banyaknya mahasiswa, sarana dan prasarana serta sumber daya manusia (SDM) bergelar doktor dan profesor.

“Selain kualitas sumber daya manusia, untuk mencapai akreditasi unggul harus didukung dengan berbagai fasilitas sarana prasarana penunjang kegiatan perkuliahan mahasiswa, kurikulum, manajemen mutu serta alumni yang diserap dunia kerja,” imbuhnya.

Terkait kapan hasil reakreditasi dikeluarkan ISK, Sarmadan mengaku hingga kini pihaknya belum memperoleh informasi kepastian waktunya.

“Jelasnya melihat kerja sama kita sampai saat ini, tentu kita optimis unggul dimana saat ini jurusan Sosiologi akreditasi A,” tuturnya.

Ia juga berharap tahun ini Jurusan Sosiologi Fisip UHO dapat meraih akreditasi unggul. “Istilah akreditasi sekarang itu sudah berubah menjadi baik sampai unggul, inilah yang sementara kita gejot, sehingga kita bisa meraih unggul.

“Saya sangat berharap unggul. Apalagi dilihat dari sarana maupun prasarana kita itu cukup memadai. Akreditasi juga sangat penting sekali untuk keberlangsungan lembaga. Salah satunya untuk menjamin kualitas dan mutu dari lulusan dari perguruan tinggi,” harapannya.

Sarmadan menambahkan bahwa salah satu pengaruh akreditasi jurusan terhadap dunia kerja sangat besar, karena ada beberapa perusahaan yang menerapkan akreditasi itu sangat penting. “Akreditasi juga mencerminkan kualitas pendidikan, semoga kita unggul,” pungkasnya

Tinggalkan Balasan