Tingkatkan Pengetahuan Lingkungan, Unsultra Gelar Kuliah Umum

KENDARINEWS.COM — Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) terus melakukan terobosan baru dalam meningkatkan kualitas serta mengoptimalkan sumber daya (dosen dan mahasiswa), salah satunya menggelar kuliah umum dengan tema eco services key concepts and application, di gedung WTC Unsultra, Selasa (28/3).

Rektor Unsultra, Prof. Dr. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., dalam hal ini diwakili oleh Direktur Pascasarjana Unsultra, Dr. La Ode Bariun, S.H., M.H., mengatakan bahwa pemateri dalam kuliah umum kali ini, adalah Prof. Dr. Azlan Abbas selaku Centre For Research In Development, Social and Enviroment (SEEDS), Faculty of Social Science and Humanities, University Kebanggaan Malaysia. Adapun tema yang diangkat yakni konsep dan aplikasi utama layanan ramah lingkungan. “Salah satu program kerja dari Pascasarjana adalah berbasis lingkungan dan cinta pertambangan. Itulah yang memotivasi kami untuk mengambil tema tersebut,” ujarnya.

La Ode Bariun menuturkan, kuliah umum tersebut sebagai upaya penguatan pemahaman mahasiswa terhadap pengelolaan lingkungan hidup. “Ini sebagai langkah untuk menyelamatkan ekosistem kita. Dimana tambang rawan dengan perusakan lingkungan. Sehingga kami terus memberikan edukasi kepada mahasiswa terkait pencegahan perusakan lingkungan,” tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup perlu dilakukan secara sistematis dan terpadu untuk melestarikan fungsi lingkungan hidup dan mencegah terjadinya pencemaran atau kerusakan lingkungan hidup, yang meliputi perencanaan, pemanfaatan, pengendalian, pemeliharaan, pengawasan, dan penegakan hukum. “Adanya jaminan reklamasi juga belum memberikan jaminan yang benar terhadap kerusakan lingkungan. Padahal jaminan tersebut berfungsi untuk memperbaiki lahan yang sudah rusak mestinya dikembalikan agar bisa produktif lagi, namun kenyataannya tidak. Dimana kedepanya akan sangat menimbulkan kerusakan lingkungan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, kuliah umum juga sebagai upaya universitas untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa terkait lingkungan. Unsultra dapat menghasilkan alumni-alumni yang peka akan kerusakan lingkungan. “Saya berharap melalui kegiatan ini, ada ilmu yang di dapatkan oleh mahasiswa, sehingga dapat dimanfaatkan dilingkungannya masing-masing,” tutupnya. (win/b)

Tinggalkan Balasan