IMI Sultra Bidik Emas di PON Aceh 2024

KENDARINEWS.COM–Atlet balap motor Ikatan Motor Indonesia Sulawesi Tenggara (IMI Sultra) konsisten ditempa melalui latihan rutin dan turnamen lokal. Tak hanya itu, untuk lebih mematangkan kemampuan para atlet balap motor, Ketua IMI Sultra Anton Timbang menginstruksikan perwakilan IMI di Kabupaten dan Kota menyiapkan atletnya masing-masing untuk diseleksi ketat dalam rangka menyongsong Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang digelar di Kota Aceh tahun 2024. 

“Melalui latihan dan seleksi ketat, disiplin dan profesional, saya optimistis atlet balap motor yang dimiliki IMI Sultra bisa menorehkan prestasi gemilang di pergelaran PON Aceh 2024 mendatang,” kata Anton Timbang dalam Rapat Kerja Provinsi IMI Sultra di aula Zenith Hotel, Sabtu (18/3). 

Ketua Umum IMI Sultra Anton Timbang mengatakan, untuk menunjang latihan para atlet balap motor, mak sirkuit balap yang berlokasi di nanga-nanga Kota Kendari sedang dilakukan pengerasan lintasan yang diikuti pengaspalan lintasan. 

“Dengan adanya sirkuti balap motor di nanga-nanga, bukan saja menunjang latihan para atlet, tetapi juga akan menjadi wahana stimulasi ekonomi baru bagi Kota Kendari,” ujar Anton. 

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Sultra itu menjelaskan, Rakerprov IMI Sultra adalah amanat pasal 36 anggaran dasar IMI yang wajib dilaksanakan paling lambat 2 bulan setelah pelaksanaan Rapat Kerja Nasional setiap tahunnya. Tentunya Rakerprov ini akan menindaklanjuti hasil Rakernas IMI 2023. Beberapa hal yang juga  menjadi bahasan dalam forum yakni evaluasi pelaksanaan 

kegiatan tahun 2022 dan kesiapan kegiatan di tahun 2023. Membahas dan menetapkan kegiatan di tahun 2024, melakukan konsolidasi pembentukan IMI di 10 Kabupaten dengan menyesuaikan nomenklatur baru dari Korwil IMI menjadi IMI Kabupaten/Kota, hasil keputusan Rakornas bulan lalu.

“Saat ini telah dilakukan penyesuaian di 2 Kota dan 5 Kabupaten yang telah dikukuhkan. Juga kemudian membahas dan memutuskan setiap hal tentang klub, termasuk membentuk klub berbagai hal yang dianggap perlu dan tidak bertentangan dengan ad-art, keputusan Munas dan Musprov IMI Sultra,” jelas Anton. 

Koordinator Percepatan Investasi Wilayah Sulawesi itu membeberkan, pada tahun 2022, IMI Sultra sukses melaksanakan 5 putaran kejuaraan daerah balap motor. Di tahun 2022, untuk pertama kalinya IMI Sultra mempertandingkan slalom mobil pada 

pekan olahraga Provinsi Sultra. Kemudian di tahun 2023, akan mengikuti berbagai agenda Kejurnas grass track dan akan menjadi tuan rumah pada putaran kedua. IMI Sultra juga menjadi tuan rumah Kejurnas mobil slalom usia 23. 

“Saat ini IMI Sultra juga telah meloloskan atlet dalam berbagai Pekan Olahraga Nasional. Dan saat ini sedang melakukan persiapan Pra PON 2023,” bebernya

Anton Timbang menambahkan, sejak tahun 2020, sebagai bagian dari agenda rapat kerja, IMI Sultra menggelar IMI Award sebagai bentuk apresiasi kepada atlet-atlet berprestasi dan kepada pihak-pihak yang membantu mensukseskan program-kegiatan imi  Sultra. Kemudian dalam 10 tahun terakhir, program bakti sosial yaitu buka puasa bersama anak yatim, bantuan sembako dan pembagian daging kurban. Gerakan IMI peduli juga telah mengambil bagian dalam pelaksanaan vaksinasi covid 19 dengan jumlah 3.000 orang dari 1.000 yang direncanakan. 

“Tujuannya agar keberadaan IMI bukan saja dilihat sebagai organisasi olahraga dan penggemar otomotif, tetapi wadah persahabatan kebersamaan,” pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua KONI Sultra Alvian Taufan Putra berkomitmen akan senantiasa bersinergi dan mendukung program-program IMI Sultra untuk kemajuan dunia otomotif Bumi Anoa. Terutama yang paling sentral yakni persiapan PON Aceh 2024. 

“Saya sebagai Ketua KONI Sultra juga bagian dari keluarga besar IMI Sultra. Saya besar di IMI dan bergabung pertama kali tahun 2014 atas ajakan dan dorongan Bapak Anton Timbang,” kata Alvian Taufan Putra. 

Menyongsong PON 2024, kata dia, maka KONI akan All Out bersinergi dengan IMi dalam mempersiapkan atlet terbaik untuk bisa menorehkan prestasi terbaik emas. Ia berkeyakinan dengan kegigihan dan kekompakan semua pihak, atlet Sultra pasti merengkuh emas di PON Aceh nanti. 

“Apapun yang dibutuhkan atau kerja sama, KONI Sultra akan berdiri di gardang terdepan. Demi terwujudnya misi kita bersama mengibarkan dan mengharumkan nama Sultra di kancah nasional,” pungkas Alvian. 

Diketahui dalam Rakerprov tersebut, Anton Timbang turut melantik kepengurusan IMI di 7 Kabupaten dan Kota yang disaksikan perwakilan IMI Pusat M. Riyanto, dan juga perwakilan Dirlantas Polda Sultra dan Polresta Kendari. Rincian pengurus yang dilantik meliputi kepengurusan Kota Kendari, BauBau, Kolaka Timur, Kolaka, Kolaka Utara, Muna, dan Kabupaten Buton. (kn). 

Tinggalkan Balasan