Saat Ramadan, Penumpang Kapal Diprediksi Meningkat 15 Persen

KENDARINEWS.COM–General Manager Pelindo Regional 4 Kendari, Capt. Suparman mengungkapkan jika pihaknya memprediksi kenaikan jumlah penumpang kapal saat ramadan bakal mengalami kenaikan sebanyak 15 hingga 20 persen. Hal itu ia sampaikam saat Coffe Morning Pelindo disalah satu warkop di Kendari, kemarin.

Suparman menilai kenaikan jumlah penumpang diterminal dipengaruhi sebagian besar masyarakat Kota Kendari beragama muslim dan memiliki budaya melaksanakan ibadah puasa dan lebaran dikampung halaman.

Ia merinci, kenaikan penumpang 15 persen bakal terjadi diseluruh terminal laut di Kota Kendari seperti diantaranya Terminal Nusantara, Terminal Pangkalan Perahu, dan Terminal Bungkutoko dengan rute Kendari, Muna, Baubau, Buton Utara, Wakatobi, dan Konawe Kepulauan, serta rute pelayaran lainnya. 

“Pengalaman sebagaimana tahun sebelumnya, angkutan ramadan dan lebaran itu jumlah penumpang pasti membludak. Karena warga kita rata rata mayoritas muslim. Apalagi tahun ini bertepatan dengan weekend. Jadi pasti penumpang bisa meningkat 15 sampai 20 persen,” ungkapnya.

Sebagai bentuk antisipasi, dari sisi fasilitas terminal, pihaknya bakal memaksimalkan layanan pelabuhan termasuk menambah tenda jika fasilitas pelabuhan seperti ruang tunggu penuh.

Sementara dari sisi angkutan, pihaknya bakal berkordinasi dengan otoritas terkait dalam hal ini PT Pelni untuk penambahan kapal angkutan mudik. 

“Kita akan komunikasikan dengan stakeholder terkait untuk penambahan kapal. Kita upayakan seluruh penumpang terangkut dan yang paling penting bisa selamat ditempat tujuan,” pungkas Suparman.

Berdasarkan informasi dari Pelindo, jumlah penumpang kapal diseluruh terminal di Kota Kendari saat ramadan diprediksikan mencapai 3 ribu penumpang setiap hari. (kn)

Tinggalkan Balasan