oleh

Maksimalkan Program MBKM, Mahasiswa Farmasi UHO Magang di Apotik

KENDARINEWS. COM—Mengimplementasikan penerapan Progran Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara maksimal, Fakultas Farmasi Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari bakal magngkan mahasiswanya ke apotek atau puskesmas.

Dekan Fakultas Farmasi UHO, Prof. Dr. Ruslin., M.Si mengatakan tahun ini untuk pertama kalinya mahasiswa Farmasi akan melakukan magang di apotek atau puskesmas. Selain itu, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan stakeholder terkait untuk memaksimalkan penerapan MBKM dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini mahasiswa Farmasi.

“Tahun ini kita akan maksimalkan praktik mahasiswa, dimana selama praktik nantinya mahasiswa harus menyelesaikan 20 SKS,” terangnya, kemarin.

Semua mahasiswa semester enam, lanjut Prof Ruslin, akan melakukan magang di luar kampus selama satu semester. “Jadi, tidak perlu kuliah di kampus dan mereka akan kuliah di apotek atau puskesmas sesuai dengan bidang masing-masing siswa,” katanya.

Dekan Farmasi ini pun menyebut, program MBKM sangat mendukung kemajuan pendidikan tinggi, khususnya di lingkungan UHO Kendari.

“MBKM merupakan program yang sangat bagus dari Kemendikburistek, hanya implementasi di lapangan yang belum jalan sesuai harapan. Mudah-mudahan dengan persiapan yang ada, kami dari Farmasi akan memaksimalkan MBKM. SDM Farmasi, khususnya mahasiswa kita pun akan lebih baik. Kami berharap agar MBKM ini kita bisa benar-benar diterapkan sesuai dengan yang diharapkan,” beber Alumni Program Doktor ITB ini.

Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Farmasi UHO, Prof. Dr. Muhammad Arba, S.Si., M.Si., mengungkapkan MBKM merupakan ruang yang dapat dimanfaatkan mahasiswa meningkatkan kompetensi sehingga menjadi lulusan unggul dan memiliki daya saing yang baik. Selain itu, MBKM juga membuat mahasiswa melakukan kerja sama sehingga dapat membangun jejaring yang luas. “kami tentunya tetap mendukung hak mahasiswa mengikuti program MBKM dan memfasilitasinya sebaik mungkin,” tuturnya.

Ia menambahkan, bahwa telah turut aktif dalam mengikuti dan menyukseskan MBKM. Beberapa kegiatan yang diikuti antara lain, kewirausahaan, pertukaran mahasiswa. (kn)

Ewin Endang Sahputri/Kendari Pos
Mahasiswa Fakultas Farmasi UHO saat penyuluhan dan edukasi tanaman obat untuk meningkatkan daya tahan tubuh kepada masyarakat.

Komentar

Tinggalkan Balasan