oleh

Unsultra Siapkan 1400 Kuota Maba

KENDARINEWS.COM–Universitas Sulawesi Tenggara (Unsultra) pada tahun akademik 2023/2024 ini, menyiapkan kuota bagi mahasiswa baru (Maba) sebanyak 1.400 orang. Kuota ini dialokasikan pada penerimaan Maba tahun 2023 melalui jalur masuk bebas tes dan jalur masuk dengan uji tes.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. H. Andi Bahrun, M.Sc., Agric., mengatakan bahwa pendaftaran calon Maba di Unsultra beberapa saat lagi akan dibuka. Pendaftaran ini dilakukan secara daring atau online dan datang langsung ke kampus.

“1 Februari 2023 akan dibuka pendaftaran, sebenarnya mulai sekarang sudah bisa mendaftar tapi kami buka secara umum itu 1 Februari 2023. Kami buka dua jalur, yakni bebas tes dan lewat tes. Jalur masuk bebas tes diperuntukkan bagi siswa berprestasi bidang akademik di sekolah dengan melihat nilai rapor. Selain itu, juga diperuntukkan bagi siswa berprestasi di bidang minat dan bakat seperti olahraga, sains, seni dan karya ilmiah,” terangnya, kemarin (19/1).

Selain via online, lanjut Prof. Andi Bahrun, Unsultra juga membuka pendaftaran secara offline di kampus. Tahun ini, Unsultra berupaya membantu calon mahasiswa baru untuk mendapatkan beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP).

“Saat ini kita sudah ada kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengalokasikan dana untuk siswa yang berprestasi namun, kurang dalam sisi ekonomi. Tahun ini target kita ada 200 mahasiswa yang dapat KIP,” katanya.

Dijelaskan bahwa Unsultra saat ini memiliki fasilitas yang dapat digunakan oleh seluruh mahasiswa, diantaranya asrama mahasiswa dan fasilitas digital lainya. “Kita Alhamdulillah fasilitas lengkap. Kami juga sudah ada 16 Prodi, insyaa Allah jika memungkinkan kita akan tambah terus Prodinya,” bebernya.

Manran Ketua Universitas Terbuka Kendari ini, berharap target penerimaan Maba dan penerimaan KIP juga terpenuhi. “Intinya kita akan berusaha apalagi penerima KIP, itu harus dibantu,” tandasnya. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terkini