oleh

Pemilih Pemula di Sultra Capai 73 Ribu

KENDARINEWS.COM– Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Sultra mencatat, sekira 73.262 jiwa populasi masuk dalam kategori pemilih pemula. Mereka telah masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) di wilayahnya, sehingga nanti dapat menyalurkan hak suaranya pada Pemilu 2024.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdukcapil Sultra, Muhammad Fadlansyah, mengatakan total 73.262 jiwa pemilih pemula tersebar di seluruh Sultra (rinciannya lihat grafis,red). “Jumlah terbanyak ada di Kota Kendari, sekira 9.310 orang dan terendah ada di Kabupaten Konawe Kepulauan, sekira 892 orang,” ujarnya Senin (16/1), kemarin.

Muhammad Fadlansyah menjelaskan, data pemilih pemula ini berdasarkan rata-rata usia di bawah 17 tahun hingga 18 tahun yang merupakan pemilih potensial dan belum melakukan perekaman KTP elektronik. “Kami sudah serahkan data pemilih pemula ke KPU. Termasuk data mereka yang pada saat hari pemungutan suara sudah berumur 17 tahun,” ungkapnya.

Menurutnya, para pemilih pemula atau pemilih milenial ini adalah pemilih cerdas karena dominan orang-orang yang saat ini masih duduk di bangku SMA maupun bangku kuliah.

“Untuk memaksimalkan data pemilih pemula, kami turun jemput bola dengan merekam data siswa-siswi SMA/SMK di sekolah. Kami juga bersinergi dengan Dinas Dikbud Sultra untuk menyiapkan para siswa. Progres data yang dihasilkan, kami laporkan ke pusat setiap dua minggu,” tutur Muhammad Fadlansyah.

Ia berharap pemilih pemula dapat menjadi cerminan pemilih cerdas pada Pemilu 2024. “Kalau kemarin kita masih mendengar beberapa isu money politic dan lain sebagainya yang mewarnai pemilu, harapan kita saat ini para pemilih pemula kita tidak terkontaminasi hal-hal itu,”pungkas Muhammad Fadlansyah (KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan