Bendungan Lakalamba Kembali Dianggarkan 2023

KENDARINEWS.COM—Seyogyanya perbaikan bendungan Lakalamba Muna Barat dikerja tahun 2022 ini, namun karena kondisi tidak memungkinkan maka Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) mengalokasikan kembali anggaran tahun 2023.

“Kegiatan perbaikan Bendungan Lakalamba berpotensi silfa. Pengerjaanya tidak memungkinkan untuk dilaksanakan karena curah hujan tinggi (sedang melanda Mubar,red). Sehingga Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) tidak berani melaksanakan kegiatan itu denga waktu 45 hari,” kata Penjabat (Pj) Bupati Mubar, Bahri Selasa (29/11).

Lanjut Direktur Perencanaan Anggaran Daerah pada Direktorat Jenderal Bina Keuangan Daerah, Kemendagri itu kondisi hujan yang melanda Mubar akan membuat pelaksanaan pekerjaan menjadi tidak maksimal. Apalagi kegiatan proyek fisik yang akan dikerjakan adalah bendungan yang dialiri air sungai.

“Namanya bendungan, dalam kondisi hujan begini maka volume airnya meningkat,” ucapnya.

Ia mengungkapkan pengerjaan Bendungan Lakalamba adalah salah satu kegiatan prioritas. Makanya anggaran untuk pengerjaanya dialokasikan pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P).

“Anggaranya sudah kita siapkan sebesar Rp 1,1 miliar. Hanya saja kondisi cuaca tidak memungkinkan untuk kita lakukan pengerjaan. Makanya kita kembali anggarkan di Januari 2023 saja. Saya sudah antisipasi, Rp 1,1 miliar tidak terlaksanana di 2022, kita anggarkan lagi tahun 2023. Sehingga Januari nanti sudah bisa dikerjakan. Karena kita harus pastikan 200 hektar sawah di Lakamba teraliri air,” tambah Mantan Kepala Bagian Umum pada Biro Administrasi Umum dan Keuangan IPDN Jatinanggor itu. (kn)

Tinggalkan Balasan