oleh

Harga Sembako Masih Stabil

KENDARINEWS.COM–Harga kebutuhan pokok di Kota Kendari terpantau masih aman. Stoknya pun cukup. Hal itu diakui Kepala Bidang Keterse­diaan dan Kerawanan Pangan Dinas Ketahanan Pangan Kendari, Erny.

Ia memastikan stok ba­han pangan di Kendari, aman. Selain ketersedi­aan beras, ia juga menja­min stok jagung, bawang merah, bawang putih, cabai besar, cabai rawit, daging sapi, daging ayam ras, telur ayam ras, gula pasir dan minyak goreng tetap aman.

Katanya, beberapa ko­moditas sembako har­ganya naik, walaupun tidak signifikan.
“Stok beras 2449 ton, jagung 19,44 ton, bawang merah 45,24 ton, bawang putih 38,52 ton, cabai besar 19,98 ton, cabai rawit 17,88 ton, daging sapi 14,99 ton, daging ayam ras 40,93 ton, telur ayam ras 69,57 ton, gula pasir 166,31 ton dan minyak goreng 638,66 ton,” un­gkapnya.

Berdasarkan data per Minggu yang ia peroleh, secara umum antara ket­ersediaan dan kebutuhan pangan di Kendari, masih tercukupi.

Ia menyebut, bebera­pa komoditas yang men­galami kenaikan, salah satunya minyak goreng. Namun kenaikan yang terjadi di lapangan itu tidak signifikan. “Tidak terjadi kenaikan yang signifikan jadi warga tidak perlu khawatir,” jelasnya.

Terpisah, Kepala Di­nas Perdagangan Kop­erasi dan UMKM Kend­ari Alda Kesutan Lapae mengatakan harga be­berapa komoditas pan­gan naik namun tidak signifikan. Contohnya minyak goreng semula Rp 18 ribu, kini naik menjadi Rp 20 ribu.

“Kenaikan itu berbe­da-beda. Maksudnya, sampai saat ini juga masih ada yang menjual minyak Rp 18 ribu kar­ena masih mempunyai stok sebelum naiknya harga BBM ini. Minggu lalu itu kami turun sidak di Pasar Baruga, Pasar Mandonga dan Pasar andonohu. Alhamdulil­lah, harga masih stabil. Harga telur salah sa­tunya. Kini harga Rp 58 ribu per rak,” jelasnya.

Berdasarkan Data Di­nas Perdagangan Kop­erasi dan UMKM, meski harga BBM mengalami kenaikan, namun tidak diikuti oleh kenaikan komoditas lainnya. Har­ga bahan pangan secara umum terpantau stabil misalnya beras Rp 10 ribu per kilogram, gula pasir Rp 13 ribu per ki­logram, cabe rawit Rp 50 ribu per kilogram, ikan segar Rp 40 ribu per kilogram, dan dag­ing sapi Rp 130 ribu per kilogram.

“Harga bahan pan­gan di Kendari secara umumnya masih stabil. Kami terus melaksana­kan pengawasan ter­masuk memantau har­ga. Pastikan harganya masih bisa dijangkau oleh masyarakat,” ung­kap.(KN)

Komentar