oleh

Pelayanan dan Keuangan Baik, UMW Kendari Raih WTP

KENDARINEWS.COM–Universitas Mandala Waluya (UMW) Kendari se­lalu menunjukkan kinerja pelayanan dan keuangan yang baik setiap tahunnya. Bahkan beberapa tahun terakhir berdasarkan hasil audit internal dan ekster­nal, UMW selalu memper­oleh penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Rektor UMW Kendari, Ratna Umi Nurlila men­gatakan, sejauh ini untuk pelayanan kepada maha­siswa maupun terkait aliran dana kampus selalu menun­jukkan progres positif.

Apalagi, kata dia, proses aliran dana dan laporan keuangan universitas itu san­gat jelas. Jadi dari dana yang dikelola itu, baik SPP maupun biaya pendaftaran mahasiswa baru dan sebagainya itu lapo­rannya semua jelas.

“Dimana laporan dari se­tiap unit, atau prodi akan diteruskan ke badan pengu­rus dalam hal ini adalah ya­yasan. Nantinya dari badan pengurus akan diteruskan ke badan pengawas sebagai audit internal. Kemudian dari badan pengurus pula akan dulakukan audit ek­sternal atau pemeriksaan angkutan publik, “jelasnya.

Dia menjelaskan, setiap tahun pemeriksaan Akuntan Publik selalu dilakukan. Dimana tahun ini pemerik­saan Akuntan Publik bakal di­lakukan pada Desember 2022. Ini memang pemeriksaan rutin sekali setahun ten­tang aliran dana dan proses penggunaan dana di dalamnya. Sama hal­nya tahun 2020 dan 2021 dimana pemeriksaan Akuntan Publik dilakukan pula pada bulan 12.

Hasilnya untuk pemerik­saan Akuntan Publik di UMW setiap tahunnya menunjukkan hasil yang baik atau tak ada masalah. Bahkan setiap tahun UMW selalu memperoleh WTP dari setiap audit.
“Terkait aliran dana UMW alhamdulillah tak pernah ada masalah,” tegasnya.

Dia menambahkan,di seluruh Prodi disetiap unit untuk setiap pembayaran ada rekening masing-mas­ing. Misalkan pada setiap Pro­di ada yang namanya rekening dari prodi itu. Dimana yang bertandatangan dicek untuk mencairkan hanya Kepala Pro­di dan bendaharanya.

Jadi se­muanya terkontrol dan tak ada yang namanya pembayaran dari rekening pribadi apalagi pengelolaan tidak jelas.

“Selain itu setiap pem­bayaran yang dilakukan ada SK nya. Dasarnya SK Sehing­ga ada rincian pembayaran apa saja yang digunakan, pembayaranya seperti apa dan ada laporan keuangan yang nanti akan diteruskan. Ini kemudian dikuatkan oleh hasil audit internal dari badan pengawas dan dari eksternal ada akuntan pablik yang in­dependen,” bebernya.

Prosedur panjang itu ke­mudian menghasilakan WTP. Artinya kalau sudah masuk WTP berarti sudah lengkap semua dan tak ada masalah.

Sejauh ini hasil audit UMW tak pernah ada masalah dan setiap tahun selalu mencapai WTP. Jadi alurnya jelas.

“Tahapan yang dilalui dalam mencapai WTP cukup banyak khu­susnya untuk penga­wasan. Jadi memang sejauh ini tak ada ma­salah apapun. Semua prosedur pelayanan dan aliran dana di UMW jelas dan secara transpar­an, ” pungkasnya. (KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan

1 komentar