oleh

Hadirkan Sarana Air Bersih di Konawe, Rektor UHO : Pengabdian Dosen dan Mahasiswa

KENDARINEWS.COM — Tim dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halu Oleo (UHO) memberikan fasilitas sarana air bersih layak konsumsi bagi masyarakat di Desa Mekar Kabupaten Konawe. Program KKN ini berupa saluran perpipaan dari Bole Bolo Keperkampungan warga di Dusun 3 Desa Mekar.

Program ini juga menyediakan dua unit tandon air yang diletakan di dua lokasi strategis sehingga dapat memudahkan akses warga desa untuk memanfaatkanya.

Salah satu program pengabdian dosen terintegrasi KKN Tematik UHO 2022 ini merupakan bentuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Pengabdian masyarakat dalam bentuk penyediaan air bersih ini merupakan bentuk dukungan tridharma untuk membantu pemerintah memenuhi target Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) rumah tangga. Sekaligus meningkatkan persentase rumah tangga yang memiliki akses terhadap layanan sumber air minum sesuai target SDGs.

Mahasiswa KKN Tematik UHO dan masyarakat Desa Mekar bergotong royong membuat sistem perpipaan air bersih

Ketua tim Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Prof. Dr. Muhammad Zamrun F., S.Si., M.Si., M.Sc., mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengambdian dosen dan mahasiswa UHO.

Melalui program pemenuhan sarana air bersih bagi masyarakat pada wilayah pedesaan yang belum bisa memenuhi kebutuhan air bersih secara memadai.

“Pemenuhan akses dan air bersih bagi rumah tangga adalah tanggung jawab kita bersama dan ini sudah tertuang pada tujuan pembangunan global SDGs. Kita harapkan, program ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi warga Desa Mekar,” kata Prof Zamrun yang juga dosen di Fakultas MIPA UHO, kemarin (6/9).

Komentar

Tinggalkan Balasan