oleh

Pawai Taruf, Kafilah Butur Raih Terbaik II

KENDARINEWS.COM– Buton Utara menjadi terbaik II kategori lomba pawai taruf dan etno religi carnaval kerukunan umat beragama dalam ajang MTQ ke-29 tahun 2022.

Bupati Butur, Muh. Ridwan Zakariah, men­gungkapkan, pawai taruf dan etno religi carnaval, dilombakan untuk kat­egori kafilah kabupaten dan kota. Selain itu, ada pula kategori umum paguyuban Ormas kea­gamaan dan Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT), serta kategori siswa, Madrasah dan Sekolah.

“Pengumuman dan penyerahan hadiah bagi kategori juara telah di­lakukan pada acara malam pembukaan MTQ ke-29 tingkat Provinsi Sultra dan Buton Utara mendapat hadiah beru­pa piala dan uang tunai sebesar Rp 17,5 juta” ujar Ridwan Zakariah, Kamis (11/8).

Ia menambahkan, MTQ merupakan kegia­tan yang telah mentra­disi dan melekat dalam kultur masyarakat dan bangsa. Kehadiran MTQ senantiasa memiliki daya tarik dan ruang tersend­iri. Sebab selain menjadi media dakwah dan syiar keagamaan yang efektif, kegiatan tersebut juga secara nyata telah ter­bukti mampu menjadi daya dorong kuat dalam memacu percepatan pembangunan di daerah.

“Kegiatan MTQ jangan hanya disikapi sebagai kegiatan rutinitas ser­emonial semata, tetapi mampu menjadi momen­tum strategis mewarnai pelaksanaan pembangu­nan dan perilaku ke­hidupan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari den­gan nilai-nilai Qurani,” harapnya.

Se­lain itu, MTQ memiliki makna tersendiri seba­gai penyejuk dan perekat kebersamaan (ukhuwah Islamiyah) di kalangan pelajar dan masyarakat umum. Mantan Sekretar­is Kabupaten Buton itu mengajak ke­pada kaum Muslim untuk terus meningkatkan pe­mahaman arti dan mak­na ayat-ayat suci Alquran dengan benar. Selain itu, para alim ulama dan to­koh agama diajak untuk lebih memberikan pema­haman keagamaan den­gan tata cara yang lebih teduh dan toleran. (KN)

Komentar

Tinggalkan Balasan