Bea Cukai Gagalkan Peredaran Ganja Lintas Provinsi

KENDARIPOS.CO.ID–Berbagai cara dilakukan sindikat pengedar mengedarkan narkotika. Teranyar, Bea Cukai Kendari kembali menggagalkan peredaran narkotika jenis ganja lintas provinsi. Sebanyak 68 ganja kering diamankan dari pelaku inisial MD (21).

Kepala Kantor Bea Cukai Kendari, Purwatmo Hadi mengatakan, proses penangkapan bermula saat menerima informasi dari Kantor Bea Cukai Medan, Sumatera Utara (Sumut) terkait adanya pengiriman paket ganja dari Medan menuju Kendari.

”Selanjutnya ditempuh berkoordinasi dengan BNNK Kendari dan BNNP Sultra untuk dilakukan penyelidikan,” kata Purwatmo, Jumat (8/7).

Setelah barang tiba di warehouse sebuah perusahaan ekspedisi di Puuwatu, Unit Pengawasan Bea Cukai Kendari segera bergerak ke lokasi. Paket kemudian dibuka dan disaksikan oleh pihak perusahaan ekspedisi. Usai dibuka ditemukan paket ganja jenis narijuana kering, dengan modus disimpan dalam paket berisi pakaian.

Selanjutnya, dibentuk tim gabungan yang terdiri dari Unit pengawasan Bea Cukai Kendari bersama personil BNNP Sultra, dan BNNK Kendari untuk melakukan control delivery.

“Paket kemudian dikirim ke cabang perusahaan ekspedisi di daerah Anduonohu, sesuai dengan wilayah alamat penerima. Selanjutnya sekitar pukul 12.30 Wita, penerima datang ke kantor perusahaan ekspedisi untuk mengambil barang dan tim langsung bergerak menangkap tersangka inisial MD,” ujar Purwatmo.

Purwatmo Hadi menambahkan, tersangka dan barang bukti ganja narijuana dengan berat 68 gram, diserahkan ke BNN Kota Kendari untuk diproses lebih lanjut. (KN)

Tinggalkan Balasan