oleh

Progres Jalan Kendari-Toronipa 90 Persen

-Target Rampung Agustus, Dijadwalkan Diresmikan Presiden

KENDARINEWS.COM–Kepala Bappeda Sultra, J. Robert Maturbongs mengatakan, progres proyek pembangunan jalan wisata Kendari-Toronipa menggembirakan. Semua pekerjaan masih on the track.
“Kita semua berharap bahwa semua item proyek ini dikerjakan tepat waktu sesuai kontrak.

In Sya Allah setelah diresmikan maka manfaatnya akan dapat dinikmati oleh masyarakat Sultra,” ujarnya disela-sela mendampingi tim PT.Sarana Multi Infrastruktur (SMI) selaku pemberi pinjaman dana pembangunan jalan Kendari-Toronipa, Kamis (30/6), kemarin.

Robert Maturbongs menambahkan, kebijakan pembangunan Gubernur Ali Mazi, termasuk membangun jalan wisata Kendari-Toronipa ini semata-mata untuk kemajuan masyarakat dan daerah Sultra.

“Kita berharap terwujudnya impian dan misi besar gubernur yakni jalan Kendari-Toronipa, RS Jantung dan perpustakaan modern bertaraf internasional ini nantinya dinikmati untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sultra,” ungkap Robert Maturbongs.

Menurut Robert Maturbongs, tim PT.SMI selaku pemberi pinjaman turun meninjau progres pembangunan jalan Kendari-Toronipa untuk memastikan sudah memenuhi tujuan pinjaman yang diajukan Pemprov Sultra.

Sementara itu, PT.SMI selaku pemberi pinjaman sangat mengapresiasi progres pembangunan jalan Kendari-Toronipa yang kini mencapai 90 persen dan masih on the track. “Kami sangat senang melihat perkembangan proyek jalan Kendari-Toronipa ini. Progresnya sangat positif,” ujar Direktur Pengembangan Proyek dan Pembiayaan Publik PT.SMI, Faaris Pranawa, kemarin.

Faaris Pranawa, mengatakan, kunjungannya bersama tim dari PT.SMI bertujuan untuk memonitor perkembangan proyek yang dibiayai oleh PT. SMI. Pihaknya memberikan dukungan guna memudahkan Pemerintah Provinsi Sultra dalam pembiayaan dan pengembangan Sultra.

Faaris Pranawa meyakini pembangunan jalan Kendari-Toronipa yang megah ini, berkontribusi besar terhadap peningkatan perekonomian daerah. Misalnya, Pendapatan Asli Daerah (PAD) meningkat dan lahirnya kawasan ekonomi baru disekitar jalan Kendari-Toronipa. “Kami berharap proyek ini segera selasai dan beroperasi, sehingga dapat dinikmati masyarakat Sultra,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Sumber Daya Air (SDA) dan Bina Marga Sultra, Burhanuddin mengatakan, total panjang jalan Kendari-Toronipa sekira 14,6 kilometer. Progresnya saat ini masuk 90 persen. Target rampung 100 persen pada bulan Agustus.

Rencananya, jalan wisata Kendari-Toronipa akan diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersamaan peresmian RS Jantung dan perpustakaan bertaraf internasional. “Rencananya tahun ini, sekiranya Presiden berkenan meresmikan seluruh proyek strategis gubernur,” tutur Burhanuddin. (kn)

Komentar

Tinggalkan Balasan